University of Wisconsin—Madison: Cheese, Badgers, and Packers

1
2837
Bascom Hill

Cheese, Badgers, dan Packers! Tiga hal tersebut menjadi ciri khas Wisconsin yang merupakan negara bagian produsen keju tertinggi di Amerika Serikat. Ibukotanya, Madison, adalah rumah bagi University of Wisconsin — Madison (atau yang lebih dikenal dengan sebutan UW—Madison).

Bucky Badger, maskot tim football UW—Madison

Apa sih keunggulan UW-Madison?

UW—Madison memiliki semua aspek yang dicari dari sebuah universitas: pendidikan yang berkualitas, budaya komunitas Midwest yang sangat ramah kepada pendatang, serta tata kota yang terstruktur, nyaman untuk ditinggali, dan ramah lingkungan seantero Amrik (Livability, Realtor).

Kualitas pendidikan

Universitas yang mungkin jarang terdengar gaungnya di Indonesia ini ternyata selalu masuk dalam berbagai daftar peringkat universitas terkemuka dunia setiap tahun. Misalnya:

Dengan kualitas akademik yang sedemikian tinggi, UW—Madison menawarkan pendidikan dari tingkat S1 sampai S3. Peluang masuknya untuk program S1-nya pun tergolong mudah, yaitu 51.1.% berdasarkan US News 2013.

UW—Madison termasuk dalam klasifikasi RU/VH (Research University – Very High Research Activity)[1][2]. Berbagai aktivitas penelitian yang berlangsung disini dimungkinkan dari banyaknya dana yang tersedia. Misalnya pada tahun fiskal 2014, dianggarkan dana sebesar US$ 1,12 milyar yang berasal dari pemerintah dan swasta. Tak heran bila banyak inovasi terbaru serta proyek besar berlangsung disini, tidak kalah bersaing dengan Harvard, MIT, Stanford dan universitas papan atas lainnya.

Untuk berpartisipasi pun sangat mudah dan kesempatannya terbuka bagi mahasiswa S1, S2, maupun S3. Bila ingin mengetahui lebih lanjut tentang berbagai research center yang ada, bisa dilihat di sini.

Fakultas/jurusan unggulan di UW—Madison

UW—Madison unggul di berbagai bidang dan banyak yang memiliki spesialisasi masing-masing:

– Fakultas ilmu dan teknik pangan di bidang dairy

– Fakultas ilmu komputer di bidang sistem dan database

– Fakultas biologi di bidang stem cell

– Fakultas teknik di bidang teknik kimia, industri, dan nuklir

– Fakultas bisnis di bidang real estate, aktuaria, dan marketing

– Fakultas ilmu fisika di bidang plasma

– Fakultas keguruan di bidang kurikulum

Banyak fakultas/jurusan unggulan lain yang tidak disebutkan disini dan bisa dilihat di link ini dan ini.

Kehidupan di Madison

Wisconsin State Capitol – Madison, WI

Seperti mahasiswa lain yang pertama kali datang ke luar negeri, saya pun sempat mengalami culture shock saat tiba di Madison. Tapi untungnya, komunitas setempat yang ramah dan kota yang nyaman membantu saya menyesuaikan diri dengan cepat dan menjadikan Madison rumah kedua, walau sudah tidak tinggal disana lagi. Budaya Midwest yang bernuansa kekeluargaan ini juga sering diungkapkan di artikel-artikel IM sebelumnya.[3][4]

Madison secara spesifik menawarkan bermacam-macam kegiatan non-akademik yang selalu membuat para mahasiswa aktif sepanjang tahun. Di musim semi, musim panas ataupun musim gugur, kita disibukkan dengan pertandingan college football yang memenuhi stadium Camp Randall berkapasitas 80.000 orang, Farmer’s Market dan Concert on the Square di downtown Madison, kayaking di Danau Mendota, kegiatan bersepeda sepanjang 27 km melewati kampus dan pusat konservasi alam(UW—Madison Arboretum). Sedangkan di musim dingin, mahasiswa mengisi waktu dengan snowboarding/skiing di Cascade Mountain, ice-skating dan ice-fishing di danau yang membeku, ataupun menghangatkan diri di Memorial Union dengan bir atau hot chocolate.

Penutup

Banyak hal lain yang belum disebutkan tentang UW—Madison di artikel ini, tapi semoga informasi di atas memberikan sekilas gambaran tentang universitas ini. Tentunya saya harap UW-Madison bisa menjadi pilihan utama bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah ke Amerika. Untuk info lebih lanjut, kalian bisa langsung melihat websitenya di www.wisc.edu

Salam Badgers!

*Foto diambil dari Wikimedia


SHARE
Previous articleLiving in NTU – A Review
Next articlePolitical Science, Siapa Takut?
Andrego Halim received his Bachelor degree with Honor from University of Wisconsin–Madison, majoring in Computer Science. He currently works as a software engineer at Poshmark Inc, a U.S. based company focusing in mobile and social marketplace for women fashion. Previously, he worked at Oracle Corporation in supporting backend infrastructure of Oracle's enterprise cloud. Outside of work, he is a competitive ballroom dancer, adventurous traveler, and food aficionado.

1 COMMENT

  1. Really cool! I live in Wisconsin now as an exchange student, and really wanna go to UW Madison. But, don’t know how.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here