Pendidikan Jarak Jauh di 5 Universitas Ternama di Amerika Serikat

0
5510
Kuliah Online bisa dilakukan mana saja (Source: HCID)

Sejumlah orang mengalami dilema ketika memutuskan untuk berkuliah, apalagi berkuliah di luar negeri yang membutuhkan komitmen, bahkan pengorbanan, yang tidak sederhana. Berkuliah di luar negeri kerap mengharuskan seseorang untuk merantau, yang kemungkinan berarti meninggalkan keluarga yang ia kasihi dan pekerjaan yang telah ia rintis selama ini. Namun, bagaimana jika kamu bisa mengenyam pendidikan di universitas kelas dunia di Amerika Serikat tanpa harus merantau dan mengorbankan pekerjaan dan/atau keluarga? Mungkin pendidikan jarak jauh dengan program perkuliahan online bisa menjadi pilihanmu. Simak artikel Hotcourses berikut ini tentang 5 universitas ternama di Amerika Serikat yang menawarkan program pendidikan jarak jauh.

* * *

Berkat perkembangan teknologi, belajar tidak terbatas harus diadakan di dalam kelas. Selama ada koneksi internet dan komputer, kini pelajar bisa kuliah di mana saja tanpa meninggalkan rutinitas dan keluarga, atau dikenal dengan pendidikan jarak jauh.

Kamu tidak perlu khawatir dengan kualitan pendidikan jarak jauh. Sebuah studi terbaru dari Departemen Pendidikan Amerika Serikat meneliti tentang kapabilitas dan kualitas pembelajaran online/eLearning dibandingkan dengan metode studi tradisional. Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa mahasiswa yang melakukan kuliah online tidak kalah dengan mahasiswa pada umumnya, bahkan mahasiswa kuliah online menunjukkan kinerja yang lebih bagus daripada mahasiswa yang kuliah di kampus karena selain berpengetahuan mereka juga ‘melek’ teknologi canggih.

Hal ini wajar karena pengaruh teknologi dalam kuliah online sangat besar, di mana mahasiswa perlu menggunakan berbagai software atau aplikasi untuk berinteraksi dengan dosen dan teman sekelas. Selain itu, aplikasi juga diperlukan untuk menyelesaikan tugas, seperti menggunakan blog, Wiki, Twitter, ePortfolio, instant messaging software, email, discussion board dan sejenisnya.

“Sebagai mahasiswa kuliah online, saya menggunakan berbagai teknologi khusus pendidikan seperti situs-situs social networking, podcast, webcast, webinar, virtual seminar dan virtual world, dan masih banyak lagi… Online discussion board memungkinkan saya dan teman-teman sekelas untuk berpartisipasi secara merata, tidak ada yang lebih dominan atau lebih vokal,” jelas Sudduth, seorang mahasiswa kelas kuliah online.

Selain itu, kuliah online memberikan fleksibilitas sehingga mahasiswa tetap dapat mengejar gelar yang mereka inginkan sambil bekerja, tanpa harus meninggalkan rutinitas atau keluarga, dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan gelar dari universitas ternama Amerika Serikat melalui program kuliah online, 5 universitas ini bisa kamu jadikan pertimbangan.

  1. UNIVERSITY OF NEW MEXICO (UNM)

https://youtu.be/KxBRWcsAuSo

Sebagai universitas terkemuka di New Mexico, UNM memiliki reputasi global. Mahasiswa diajar oleh para dosen ternama dan mendapatkan gelar yang diminati perusahaan. UNM adalah tempat mahasiswa mewujudkan kreativitas dan inovasi.

Program-program kuliah online di UNM disampaikan melalui sistem manajemen pembelajaran yang canggih, yaitu UNM Learn, yang digunakan oleh seluruh kampus di UNM. Walau bersifat fleksibel, mahasiswa kelas online dijamin akan mendapatkan hasil kelulusan yang sama dengan perkuliahan tradisional. Durasi program kuliah online fleksibel adalah 8 minggu, lima kali per tahun.

Pada perkuliahan online UNM, mahasiswa mengakses isi program kuliah dan berinteraksi dengan teman-teman sekelas melalui beragam teknologi multimedia. Setiap modul disampaikan dengan gaya yang unik, yang memberikan pengalaman kuliah yang bebas dari batasan global.

  1. UNIVERSITY OF OREGON (UO)

Pendidikan jarak jauh UO terakreditasi oleh Northwest Commission on Colleges and Universities (NWCCU). Program-program online ditawarkan untuk beragam program studi, sehingga memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan gelar dari mana saja melalui koneksi internet.

Universitas menyediakan beragam fasilitas online untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran. Program-program disampaikan melalui sistem manajemen program Canvas, tetapi mahasiswa juga perlu mengikuti ujian langsung yang diawasi.

Program-program pendidikan jarak jauh UO memiliki jadwal yang sama dengan perkuliahan tradisional, dan perhitungan SKS juga sama. Jadi boleh dibilang tidak ada perbedaan dari perkuliahan online dan perkuliahan tradisional di UO.

  1. THE OHIO STATE UNIVERSITY (OSU)

OSU adalah kampus yang relatif tua dengan sejarah panjang yaitu hampir 150 tahun. Saat ini OSU adalah salah satu yang terbesar dan memiliki pencapaian akademik dan laboratorium paling lengkap di Amerika Serikat. OSU online yang terpilih sebagai salah satu Program Online Sarjana Terbaik oleh US News and World Report, mempersiapkan semua mahasiswa untuk kesuksesan karir jangka panjang. Para dosen akan mempersiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan beragam masalah krusial di dunia dan menempatkan mahasiswa di kelompok yang memiliki minat yang sama yang memiliki potensi tanpa batas.

  1. PENNSYLVANIA STATE UNIVERSITY (PENN STATE)

Para lulusan program online Penn State memiliki pengertian dan penerapan ilmu yang berujung pada kesuksesan karir jangka panjang, terutama di panggung internasional.

Kurikulum yang fleksibel dan para dosen yang terkenal di kancah dunia membuat mahasiswa dapat berkembang di lingkungan digital yang suportif. Terdapat lebih dari 150 program gelar dan sertifikat populer, termasuk untuk bidang pendidikan, bisnis, teknik, dan masih banyak lagi.

Banyak lulusan Penn State World Campus yang menjadi para perintis dan pendobrak di dunia kerja. Mereka memiliki sejumlah keahlian yang diperoleh dari pengalaman online, kemudian menerapkannya ke lingkungan kerja dan layanan masyarakat.

  1. UNIVERSITY OF FLORIDA (UF)

Sebagai sebuah institusi yang mendedikasikan diri untuk mendobrak cara lama, UF selalu berupaya melihat potensi dari segala hal. UF adalah institusi bekeja keras untuk memberikan dampak positif; mereka mengukur kesukseskan programnya dari berapa banyak jumlah orang yang terbantu dan seberapa baik peningkatan kualitas hidup orang tersebut.

“Berkat program online UF, saya tetap dapat meraih impian saya dengan cara yang fleksibel dan nyaman dengan jadwal saya. Saya dapat berpartisipasi dalam Gator Nation tanpa harus mengorbankan peran saya sebagai seorang ibu rumah tangga,” kata Christy Richardson, seorang mahasiswa online program gelar BS in Microbiology UF.

Setelah melihat pilihan-pilihan universitas yang menyediakan pendidikan jarak jauh, sudah jelas bahwa menempuh pendidikan lanjutan tidak lagi harus terbatas pada jarak. Apabila kamu memiliki niat dan kemauan, semua bisa dilakukan.

Click here for brochures of universities worldwide
Click here for brochures of universities worldwide

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here