Kupas Tuntas Tes Kemampuan Bahasa Mandarin TOCFL

0
493
Test of Chinese as a Foreign Language
Pengaman Pertama Mengambil TOCFL (Test of Chinese as a Foreign Language)

Kemampuan bahasa asing merupakan syarat untuk beragam kepentingan di dunia internasional, seperti belajar dan bekerja. Untuk Bahasa Mandarin, terdapat sertifikasi TOCFL (Test of Chinese as a Foreign Laguage) yang ekuivalen dengan TOEFL atau IELTS bagi Bahasa Inggris. Pada artikel ini Aditya Parama memaparkan tentang apa itu tes TOCFL, siapa yang perlu mengambilnya, kapan dan dimana tempat penyelenggaraannya, serta sharing pengalamannya menjadi peserta tes yang dapat menjadi referensi bagi future test taker.

***

Sertifikat kemampuan bahasa asing merupakan salah satu dokumen yang biasa menjadi persyaratan untuk melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. Tes IELTS dan TOEFL untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris, tes DELF-DALF untuk Bahasa Perancis, serta TestDAF untuk bahasa Jerman adalah beberapa contoh sertifikat kemampuan bahasa yang biasa ditulis dalam persyaratan aplikasi. Untuk bahasa di negara-negara Asia Timur ada JLPT (Japanese Langue Proficiency Test), HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì, Ujian Standar Bahasa Tionghoa), juga TOPIK (Test of Proficiency in Korean). Selain itu ada juga TOCFL (Test of Chinese as a Foreign Language) yang dikembangkan oleh Taiwan untuk mengukur kemampuan bahasa Mandarin.

TOCFL dapat diambil dalam format karakter mandarin tradisional atau karakter mandarin yang disimplikfikasi. Karakter mandarin tradisional merupakan tulisan bahasa Tiongkok yang telah digunakan ribuan tahun dan masih mempertahankan bentuk aslinya sedangkan karakter mandarin yang disimplifikasi baru diciptakan tahun 1950-an dengan guratan yang lebih sedikit untuk mempermudah menulis dan menghafal. Karakter mandarin tradisional masih digunakan di Taiwan dan Hong Kong. Republik Rakyat Tiongkok dan Singapura menggunakan karakter mandarin yang disimplifikasi. Perbedaan antara kedua jenis karakter ini dapat dibaca lebih lanjut pada artikel berikut.

Mengutip dari laman web Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jakarta. HSK dan TOCFL sama-sama mengukur kemampuan bahasa Mandarin dalam 6 level, tetapi kemampuan bahasa tingkat pemula TOCFL tidak sama dengan tingkat pertama HSK, melainkan lebih tinggi dari HSK tingkat satu. Sehingga tingkat kesulitan soal pada TOCFL tingkat pemula lebih sulit daripada HSK tingkat pertama, begitu juga dengan tingkat yang lain. Perbedaan kedua jenis tes ini dapat lebihi jelas dilihat pada laman berita berikut.

Mengikuti tes dan bermanfaat untuk mengukur kemampuan level Mandarin Traditional atau Simplied bagi murid yang belajar bahasa China. Sertifikat berfungsi untuk memenuhi persyaratan aplikasi kuliah di universitas Taiwan. Untuk pengajuan beasiswa biasanya minimal diminta lulus band A2. Sertifikat juga berlaku internasional untuk melamar pekerjaan di Taiwan atau di negara lain yang memerlukan bukti kompetensi Mandarin.

Di Indonesia beberapa lokasi yang menyelenggarakan tes ini anatara lain Kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Riau, Medan, Pontianak, Batam, Surayaba, dan Semarang. Jadwal ujian untuk tahun 2022 dapat dilihat pada gambar di bawah atau tautan berikut. Biaya ujian yang menggunakan komputer sebesar Rp300,000 serta yang menggunakan kertas atau manual sebesar Rp200,000. Biaya pengambilan tes ini sama untuk versi karakter Traditional dan Simplified.

Jadwal Penyelenggaraan TOCFL di Indonesia Tahun 2022. Sumber: Studiditaiwan.blogspot.com 

Ketika mendapatkan beasiswa untuk belajar Bahasa Mandarin di negara yang memiliki julukan Formosa, Taiwan, saya sempat mengambil TOCFL dan mengikuti mock test bagian writing. Pengalaman ini dapat menjadi referensi juga bagi yang ingin mengambil tes di Indonesia atupun di tempat lainnya karena format tes yang terstandardisasi di seluruh dunia.

Pendaftaran dan Persiapan

Jadwal tes biasanya dikeluarkan untuk satu tahun dan ada periode tertentu untuk pendaftarannya.  Pengecekkan jadwal dan registrasi dilakukan secara online melalui website TOCFL Online Registration System. Pertama peserta diminta untuk membuat akun, mengisi data diri, kemudian memilih jenis tes dan lokasinya. Ada juga kuesioner yang perlu diisi mengenai pengalaman belajar Bahasa Mandarin setelahnya. Saya mendaftar untuk mengikuti tes level band A yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2022. Pada website tersebut juga terdapat mock up test untuk mendapatkan latihan-latihan soal agar membiasakan diri dalam persiapan ujian, serta dapat mengunduh PDF sertifikat kemampuan bahasa jika hasil ujian sudah keluar.

Halaman TOCFL Online Registration System setelah Memilih Taiwan Sebagai Tempat Pelaksanaan. Sumber: https://reg.sc-top.org.tw/ 

Biaya tes normal sebesar 2.000 NTD (sekitar 1 juta rupiah). Kebetulan kampus kami memberikan diskon 10% bagi peserta tes sehingga saya cukup bayar 1.800 NTD. Pembayarannya dapat menggunakan beberapa metode pembayaran seperti kartu kredit dan melalui convenient store. Setelah menyelesaikan pembayaran, konfirmasi seat ujian akan dikirimkan ke email yang didaftarkan juga dapat dicek pada website registrasi.

Beberapa pekan sebelum ujian persiapan yang saya lakukan hanya belajar mandiri saja. Saya mengulang kosakata-kosakata yang terdapat paa text book kursus Mandarin serta memahami ulang grammar yang telah dipelajari. Saya pun mencoba berlatih dari soal latihan gratis yang disesiakan oleh website TOCFL. Website belajarmandarin15.blogpsot.com juga memiliki beberapa artikel yang bermanfaat tentang informasi tes TOCFL beserta latihan soalnya. Selain itu perlu juga untuk mempelajari kosa kata sehari-hari yang belum diajarkan di buku teks. Misalnya ada kosakata ‘celana’ dan ‘kaca mata’ dalam bahasa Mandarin yang keluar pada soal latihan, tetapi di kelas belum dipelajari.

Daftar Pendaftaran dan Penyelenggaraan Tes TOCFL di Taiwan. Sumber: https://reg.sc-top.org.tw/ 

Format ujian TOCFL mirip dengan listening dan reading pada TOCFL Paper Based Test. Misalnya pada bagian listening ada percakapan singkat dan kita diminta untuk menafsirkan arti dialog tersebut. Pada bagian reading misalnya ada sebuah teks bacaan yang kita perlu milih jawaban yang tempat untuk melengkapi narasi yang kurang.a

Pelaksanaan Tes

Karena baru registrasi di hari terakhir pendaftaran, saya kehabisan tempat ujian di Taipei. Dari dua alternatif tempat yang tersisa, di Kota Taichung dan Kaohsiung, saya memilih mengambil ujian di Tung Hai University di Taichung. Tes dimulai pukul 10 pagi. Saya & teman sekelas, Tom Hanlon, berangkat dari Taipei jam 7 pagi naik High Speed Rail. Sesampainya di lokasi ada banner yang mengarahkan kami menuju ruangan ujian sehingga tidak sulit menemukannya.  

Sebelum mulai ujian peserta tes diminta mengumpulkan health declaration form, selembar kertas yang berisi persetujuan bahkan kami sehat pada hari tersebut, dan melakukan pengukuran suhu tubuh. Terdapat dua ruang ujian dan masing-masing berkapasitas 40 orang. Satu hari ada dua shift ujian. Pada hari yang sama tes bisa dilaksanakan secara paralel di beberapa tempat.

Panitia membacakan tata tertib ujian dalam bahasa Mandarin dan Inggris, mengecek nomor dan identitas peserta dan menunjukkan meja ujian yang komputernya sudah memiliki log in sesuai identitas kita. Tas dan alat elektronik diletakkan di bagian depan ruang ujian. Jika alat elektronik berbunyi maka peserta otomatis akan didiskualifikasi. TIPS: pastikan selain HP dipasang dalam mode silent, airplane atau bahkan dimatikan, alarm pun tidak diset pada waktu ujian. Kejadian nyata dialami oleh teman saya yang tesnya dinyatakan tidak valid karena alarm ponselnya berbunyi di tengah-tengah ujian padahal HPnya sudah dimatikan.

Bersama Teman Sekelas, yang Sama-Sama Lega Setelah Selesai Mengambil Tes. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Saya mengambil ujian bertipe CAD (Computer Adaptive Test).  Soal yang muncul akan disesuaikan dengan kemampuan menjawab dari setiap soal yang muncul. Dari awal akan muncul soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi dahulu kemudian menyesuaikan apabila ada jawaban yang salah. Misal pada pertanyaan pertama kita menjawab benar maka pertanyaan berikutnya akan diambil dari gudang soal pada level yang sama. Namun jika pertanyaan pertama ternyata kita salah menjawabnya maka pertanyaan berikutnya akan muncul dari kumpulan soal pada level yang lebih rendah. Semakin banyak kesalahan akan semakin menurunkan tingkat kesukaran tesnya. Karena algoritma soal berikutnya bergantung pada soal yang saat ini dikerjakan, maka saat menjawab soal tidak dapat kembali ke bagian sebelumnya.

Dua bagian tes, listening dan reading punya rentang waktu pengerjaan selama 120 menit. Tidak ada jeda khusus di antaranya. Jika selesai lebih cepat dapat meninggalkan ruang ujian terlebih dahulu. Masing-masing bagian terdiri dari 50 soal. Pada bentuk tes CAD peserta cukup menggunakan mouse untuk memilih salah satu dari lima pilihan ganda untuk menjawab. Tidak dibutuhkan keyboard untuk mengetik jawaban.

Pengambilan Hasil Tes

Ketika mendaftar ada pilihan sertifikat hanya dikirimkan ke alamat yang kita pilih atau dikirim ke salah satu test center. Kebetulan kampus saya, National Taiwan Normal University (NTNU) merupakan salah satu penyelenggara tes. Jadi saya memilih untuk mengambil hasil tes di kantor Mandarin Training Center NTNU.

Hasil Tes dalam Amplop Coklat yang Dikirim ke Kampus. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Seperti yang ditulis sebelumnya, setelah menekan tombol submit pada komputer tes kita dapat langsung mengetahui hasilnya. Sertifikat yang resmi dapat diambil kurang lebih 30 hari setelah jadwal tes. Hasilnya saya mendapatkan sertifikat Band A1. Karena saya mengambil band A ketika mendaftar, kemungkinan hasilnya ada dua, yakni A1 dan A2. Level A2 lebih tinggi dibandingkan A1.

Terdapat dua lembar sertifikat. Lembar pertama berupa sertifikat hasil TOCFL dari Ministry of Education yang menyatakan nama peserta, negara asal, tanggal lahir, serta skor kelulusan tes jenis apa yang diambil tanggal berapa. Lembar kedua berisi laporan lengkap yang menjelaskan hasil tes lebih detil seperti CEFR Level (The Common European Framework of Reference for Languages), TBCL Level (Taiwan Benchmarks for the Chinese Language), ACTFL Level (The American Council on the Teaching of Foreign Languages), serta Proficiency Description.

Sertifikat TOCFL Bagian Listening & Reading. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Laporan Penjelasan Kemampuan Bahasa. Kiri: Halaman Depan, Kanan: Halaman Belakang. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mock Test Writing

Ada tiga tipe tes TOCFL, reading dan listening, speaking serta writing. Selain mengambil tes formal untuk bagian reading & listening saya juga berkesempatan untuk mengikuti percobaan tes writing yang diadakan oleh penyelengara. Mock Test ini dilakukan secara berkala yang salah satu tujuannya untuk mengukur apakah tes masih sesuai dengan perkembangan zaman dan kondisi pengambil tes.

Bentuk tes writing TOCFL ini mirip seperti bagian writing pada Academic IELTS. Terdapat dua bagian tes menulis. Bagian pertama diminta untuk membuat narasi cerita dari gambar yang ditampilkan. Cerita harus relevan dengan gambar dengan panjang minimal 200 kata. Bagian kedua adalah menulis surat formal dari sebuah topik dengan jumlah kata sekitar 600 karakter. Ketika mengikuti percobaan ini, bagian pertama gambarnya adalah tentang beberapa orang yang pergi piknik naik bus dan bagian kedua tentang seorang anak yang ingin menolak dengan halus tawaran dari orang tuanya untuk bekerja di perusahaan pamannya karena sang anak memiliki impian lain dan ingin berjuang di jalannya sendiri.

Peserta diminta menulis langsung di komputer, bukan menulis tangan di kertas. Sebelumnya kita perlu membiasakan untuk menggunakan keyboard dalam menulis karakter Mandarin berbasis pinyin dan menggunakan tanda baca Mandarin pula.  Seperti tes berbasis komputer pada umumnya, ada countdown timer juga pada laman ujian untuk membantu kita mengatur waktu.  

Hasil tes kurang lebih keluar dalam satu bulan. Alhamdulillah saya mendapatkan band A2. Dan karena ini hanya tes uji coba hasil yang dikirimkan via email bukan official. Tapi penyelenggara memberikan bonus untuk mengikuti tes writing yang official pada bulan November 2022.

Tes TOCFL merupakan ujian kemampuan bahasa Mandarin yang dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa atau kerja di tempat yang menyaratkan kemampuan bahasa tersebut. Terdapat bagian listening, reading, speaking dan writing yang diukur dari band A1 yang paling dasar hingga C2 yang mendekati native speakers. Di Indonesia ada beberapa tempat yang menyelenggarakan tesnya. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dari website penyelenggara

***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here