Seminar Indonesia Mengglobal 2015

0
1966

Tanggal 22 Agustus yang lalu, tim Indonesia Mengglobal menyelenggarakan rangkaian acara #IMSeminar yang bertempat di @america Pacific Place Mall, Jakarta. Seminar kali ini diadakan dalam dua sesi: sesi pertama mencakup graduate session dengan tema What it Takes to Apply to Graduate School in the US, disambung sesi kedua untuk undergraduate session dengan tema Choosing Major and School. Sebagai bagian dari #IMSeminar, Indonesia Mengglobal bekerjasama dengan Team Education USA juga membagikan buku GMAT, GRE, TOEFL dan SAT gratis kepada para peserta seminar yang berpartisipasi dalam sesi tanya jawab.

Graduate Session

Setelah pembukaan singkat oleh tim Indonesia Mengglobal yang diwakili oleh Christina Juwita, IM’s Head of Social Media and Events, seminar ini dibuka oleh Ms. Deborah Lynn, Cultural Attache at Indonesia’s U.S. Embassy, dan Ms. Rossa Darni sebagai EducationUSA Advisor di @atamerica. Ms. Deborah menjelaskan mengenai situasi dan kondisi pendidikan di Amerika, pengalamannya semasa menjadi mahasiswa, hingga memaparkan dengan sangat detil jenis-jenis beasiswa yang tersedia bagi para WNI yang ingin melanjutkan kuliah di AS. Di akhir sesi ini, Ms Rossa mengajak peserta untuk mengikuti mentorship program Education USA Indonesia untuk membimbing para mahasiswa Indonesia dalam proses aplikasi kuliah sarjana dan pascasarjana di perguruan tinggi AS.

Panelis dalam sesi What it takes to apply to graduate school in the U.S. Dari kiri ke kanan: Dr. Haryo Budi Nugroho, Shinta Nur Fauzia, Hana Purnomo, dan Adamas Belva.

Sesi berikutnya disambung dengan diskusi panel dengan topik What it Takes to Apply to Graduate School in the US bersama para panelis yang terdiri dari Shinta Nur Fauzia (Master of Law dari Harvard Law School), Adamas Belva (MBA dari Stanford Graduate School of Business & Master of Public Policy dari Harvard Kennedy School of Governments), dan Hana Purnomo (Savanah College of Arts and Design) bersama moderator Dr. Haryo Budi Nugroho (Law – University of Virginia). Diskusi berjalan sangat seru dan interaktif, dimana para panelis tak hanya menceritakan pengalaman mereka tetapi juga menjawab pertanyaan–pertanyaan seputar sekolah di AS dari para peserta seminar.

Akhirnya sesi pertama ini ditutup dengan keynote speech yang sangat inspiratif oleh Prof. Rhenald Kasali yang kali ini menjabat sebagai Guru Besar di Universitas Indonesia. Beliau berbagi pengalaman seputar pengalaman kuliahnya di University of Illinois Urbana Champaign, manfaat belajar di luar negeri, dan juga pengalaman beliau bersama keluarganya saat tinggal di Amerika Serikat.

Presentasi informatif dan menyenangkan oleh Prof. Rhenald Kasali!
Salah satu dari peserta seminar yang memenangkan buku GRE gratis yang diberikan oleh Education USA dan @atamerica untuk Indonesia Mengglobal.

Undergraduate Session

Sesi kedua #IMSeminar dibuka oleh istri Duta Besar AS untuk Indonesia, Mrs. Sofia Blake. Mrs. Blake memaparkan berbagai hal, dari memberikan tips dalam mencari informasi hingga menceritakan pengalaman pribadinya sebagai pelajar asal Bulgaria yang mendaftar di community college AS dan melakukan transfer ke Brown University untuk menyelesaikan pendidikan sarjananya. Pada akhir sambutan pembukaannya, Mrs. Blake memberikan satu pesan bagi para mahasiswa Indonesia yang ingin bersekolah di AS, yaitu untuk menyiapkan aplikasi pendaftarannya sebaik mungkin dan sedini mungkin.

Panelis dalam sesi Choosing Major and School. Dari kiri ke kanan: Artricia Rasyid, Batara Indra Soepraba, Noor Titan Putri Hartono, Paula Kusumaputri dan Vachry Widhanto.

Tema sesi kali ini bertajuk Choosing Major and School yang dimoderatori oleh Artricia Rasyid (Antropology and Comparative Literature dari New York University) dengan panelis yang terdiri dari Paula Kusmaputri (Computer Science dari Stanford University), Batara Indra Soepraba (International Development dari University of California Berkeley), Muhammad Vachry Widhanto (International Business dari California State University Long Beach), dan Noor Titan Putri Hartono (Mechanical Engineering – Massachusetts Institute of Technology). Diskusi yang dibahas tidak hanya seputar aplikasi pendaftaran dan kehidupan kuliah di AS saja, tetapi juga seputar kehidupan dan pergaulan para mahasiswa di AS. Sesi tanya jawab berlangsung sangat interaktif dikarenakan audiens yang sangat beragam mulai dari para siswa SMA yang akan melanjutkan kuliah di AS hingga para orangtua, dan bahkan kakek-nenek para calon siswa lho!

Pada akhirnya, Indonesia Mengglobal mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman IM yang hadir langsung maupun memiliki antusiasme tinggi untuk mengikuti seminar ini lewat online streaming maupun live tweets. Bagi teman-teman yang berhalangan hadir dan berada di luar Jakarta, kamu bisa menonton video seminar ini secara lengkap di http://atamerica.or.id/video/detail/1351/Indonesia-Mengglobal-Study-Abroad-in-the-U.S

Semoga bermanfaat, dan ajak orang tua, anak, saudara, rekan dan temanmu lagi di #IMSeminar tahun depan, ya!

Tim Indonesia Mengglobal bersama Mrs. Sofia Blake, Prof. Rhenald Kasali, Tim Atamerica, Education USA, dan para panelis

Content Edited by Artricia Rasyid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here