Visa Setelah Lulus Kuliah di Kanada

0
3270
Bagaimana cara mendapatkan working permit Kanada? (Source: HCID)

Sewaktu kuliah, mahasiswa internasional dapat tinggal di Kanada menggunakan visa pelajar. Bagaimana jika sudah lulus kuliah? Bagaimana cara untuk mendapatkan izin kerja agar dapat bekerja di Kanada? Bisakah saya bekerja di Kanada setelah lulus kuliah? Simak artikel dari Hotcourses Indonesias berikut ini.

***

Kamu bisa mengajukan PGWP (Post-Graduation Work Permit) jika memenuhi persyaratan di bawah ini:

  • Telah menyelesaikan program purnawaktu berdurasi minimal 8 bulan.
  • Telah menyelesaikan perkuliahan di salah satu institusi di bawah ini: Institusi pasca-sekunder negeri, misalnya: college, trade/technical school (fakultas perdagangan/teknik); universitas atau CEGEP (untuk Quebec); Institusi pasca-sekunder swasta yang memiliki kebijakan seperti institusi yang disebutkan di atas.

Lihat daftar institusi-institusi yang memenuhi syarat di situs CIC.

  • Telah menyelesaikan dan lulus kuliah, memiliki notifikasi resmi dari institusi yang menyatakan lulus.
  • Memiliki visa pelajar yang masih berlaku sewaktu mengajukan permohonan PGWP.

Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan PGWP?

Kamu dapat mendaftar via situs CIC seperti yang kamu lakukan untuk visa pelajar. Untuk ini kamu memerlukan passcode yang digunakan sewaktu mendaftar visa pelajar dan juga tentunya akun MyCIC.

Prosesnya cukup praktis, kamu hanya perlu memasukkan passcode, mengisi formulir pendaftaran, mengunduh dokumen-dokumen dan melunasi biaya yang diminta sebelum mengirimkan pendaftaran.

Low angle cityscape on a sunny spring day, showing various high rise office buildings
Low angle cityscape on a sunny spring day, showing various high rise office buildings. Source: hotcourses.co.id

Kapan Sebaiknya Mengajukan Permohonan PGWP?

Kamu harus mulai mengurus PGWP dalam 90 hari menjelang kelulusan dan tidak perlu mendapatkan penawaran kerja sebelumnya. Ketika kamu sudah mengetahui jadwal kelulusan, mulailah mendaftar untuk PGWP.

Masa Berlaku PGWP

Masa berlaku PGWP sesuai dengan durasi perkuliahanmu, dan berlaku hingga maksimal 3 tahun. Jika kamu telah kuliah di Kanada lebih dari 2 tahun, maka secara otomatis kamu berhak mendapatkan PGWP yang berlaku selama 3 tahun. Walaupun kamu berkuliah selama 4 tahun, kamu tetap hanya akan mendapatkan PGWP yang berlaku selama 3 tahun. Minimal persyaratan pendaftaran PGWP adalah 8 bulan kuliah.

Apa Kegunaan PGWP?

Kamu dapat langsung bekerja di Kanada dengan PGWP, dan merupakan permulaan yang baik jika kamu memang berencana untuk mengajukan Permanent Residence di Kanada (yang berarti kamu dapat tinggal di Kanada sebagai enduduk di sana). Walaupun belum menemukan karir yang pasti, dengan memiliki PGWP kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga.

Click here for brochures of universities worldwide
Click here for brochures of universities worldwide

Yang Perlu Diperhatikan Setelah Mendapatkan PGWP

Ingatlah untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Memperpanjang asuransi kesehatan
  • Memperpanjang Social Insurance Number (Nomor Asuransi Sosial) Anda
  • Mengajukan Temporary Resident Visa – dengan demikian Anda dapat memasuki negara perbatasan (yang tidak bisa dilakukan dengan Study atau Work yang hanya mengijinkan Anda untuk tinggal di Kanada), Jadi Anda akan memerlukan Temporary Resident Visa jika Anda perlu ke negara perbatasan atau memasuki Kanada dari sana. Di setiap kali Anda meninggalkan atau memasuki Kanada, bersiaplah untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan pihak imigrasi, dan buktikan Anda memiliki status imigrasi yang resmi untuk dapat tinggal di Kanada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here