Menjadi Mentor Indonesia Mengglobal Mentorship Program: Mewujudkan Impian Studi di Luar Negeri

0
583
Dwi Wahyuningtyas, kedua dari kanan, beserta teman-teman di Wellington, Selandia Baru. Sumber: Dokumentasi pribadi
Dwi Wahyuningtyas, kedua dari kanan, beserta teman-teman di Wellington, Selandia Baru. Sumber: Dokumentasi pribadi

Melanjutkan studi ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Namun demikian, seringkali seseorang mengalami kesulitan dalam persiapan studi ke luar negeri tersebut, baik dalam segi administratif, teknis, atau lainnya. Belajar dengan mentor yang lebih berpengalaman dalam studi boleh jadi menjadi kunci utama untuk kesuksesan persiapan studi.

Saat ini, Indonesia Mengglobal tengah membuka pendaftaran untuk mentee dan mentor dalam Mentorship Program 2022. Telah banyak mentor yang berhasil membantu persiapan mentee dalam persiapan studi di luar negeri. Salah satunya adalah Dwi Wahyuningtyas, mentor Program Mentorship Indonesia Mengglobal 2021, yang berhasil membantu mentee-nya untuk meraih beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) di tahun sebelumnya. Alumni MA in TESOL Victoria University of Wellington ini juga menjelaskan alasan dan kesan saat menjadi mentor di program Mentorship Indonesia Mengglobal.”

***

Perjalanan Awal sebagai Mentor di Indonesia Mengglobal Mentorship Program

“Give a Man a Fish, and You Feed Him for a Day. Teach a Man to Fish, and You Feed Him for a Lifetime” suatu ungkapan yang mungkin sudah sering kita dengar, yang intinya kurang lebih jika kita ingin seseorang berkembang dan bisa menjadi mandiri untuk keberlangsungan hidupnya, maka kita harus memberinya petunjuk dan cara-cara untuk mencapai tujuannya, bukan langsung memberikan hasil instan kepada orang tersebut.

Moto inilah yang saya temukan ketika saya bergabung menjadi salah satu mentor di Indonesia Mengglobal Mentorship Program yang saya ikuti tahun 2021 lalu. Saya mencoba mendaftar Indonesia Mengglobal Mentorship Program 2021 karena tertarik dengan program yang dikemas secara rapi dalam segi timeline serta panduan-panduan yang lengkap untuk para scholarship hunters.

Meski semuanya berawal dari coba-coba, saya akhirnya diterima menjadi salah satu mentor di Indonesia Mengglobal Mentorship Program tahun 2021. Berdasarkan minat dan latar belakang studi saya, akhirnya saya mendapatkan satu mentee yang sesuai, di mana beliau juga mengambil bidang studi yang sama, yakni Pendidikan Bahasa Inggris dan berprofesi sebagai pengajar bahasa Inggris di suatu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

To be honest, karena baik saya dan mentee sama-sama memiliki aktivitas yang padat, kami berusaha memaksimalkan dengan jadwal mentoring yang kami sepakati yakni seminggu sekali, setiap hari Sabtu atau Minggu, selama sekitar 1-2 jam. Hal itu justru menjadi penyemangat bagi kami untuk tetap termotivasi dalam mengikuti program mentorship ini.

Kesamaan latar belakang kami juga membuat kenyamanan dalam mengobrol dan tukar ide. Poin inilah yang menjadi salah satu kelebihan program Indonesia Mengglobal Mentorship Program ini, di mana mentor dan mentee boleh menentukan siapa mentee atau mentor pilihannya sesuai dengan latar belakang keilmuan.

Dwi Wahyuningtyas, lulusan MA in TESOL di Victoria University of Wellington, Selandia Baru. Sumber: Dokumentasi pribadi

Kegiatan Indonesia Mengglobal Mentorship Program

Mentorship program ini dibagi menjadi beberapa kegiatan, yakni pertemuan antar mentor, pertemuan antar mentee, dan pertemuan antara mentee dan mentor. Panduan yang diberikan oleh tim Indonesia Mengglobal Mentorship Program baik saat materi dan penugasan juga terbilang cukup padat dan jelas yang tentunya sangat berguna baik bagi para mentor dan mentee untuk mengetahui cara membuat CV/Resume, motivation letter, dan hal lainnya yang berhubungan dalam penentuan bidang studi dan universitas yang akan dituju.

Tugas-tugas yang diberikan oleh tim Mentorship kepada para mentee meliputi tugas individu dan kelompok secara terstruktur yang mendorong masing-masing individu untuk juga bisa saling mengenal dengan mentee lainnya. Sehingga, tidak hanya persiapan aplikasi sekolah saja yang nantinya akan diperoleh mentee, namun juga jejaring baru dengan sesama scholarship hunters.

Untuk penugasan, para mentee juga diberi waktu yang memadai untuk menyelesaikan setiap tugas mereka, di mana setiap tugas akan dibahas dengan mentor untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dikembangkan atau diperbaiki lebih lanjut. Secara keseluruhan, Indonesia Mengglobal Mentorship Program ini berlangsung sekitar 3 bulan, yakni mulai bulan Agustus hingga bulan Oktober 2021.

Di tahun 2022 ini, Indonesia Mengglobal Mentorship Program sedang membuka pendaftaran untuk mentor dan mentee mulai tanggal 3 April hingga 8 Mei 2022. Sementara itu, pelaksanaan Indonesia Mengglobal Mentorship Program akan dimulai pada bulan Agustus hingga Oktober 2022 mendatang. Simak informasi lebih lanjut di tautan berikut ini.

Kesan sebagai mentor di Indonesia Mengglobal Mentorship Program

Sebagai mentor saya cukup senang dan terkesan dengan program mentorship ini. Program ini tidak hanya bermanfaat untuk para mentee namun juga untuk para mentor itu sendiri. Dalam hal ini, para mentor bisa turut belajar cara membuat motivation letter dan CV/Resume yang baik, sebagai improvisasi dengan motivation letter dan cv yang pernah dibuat ketika mendaftar dulu.

Selain itu, terdapat pertukaran pengalaman dan pengetahuan yang sangat berguna bagi mentor dan mentee untuk menambah wawasannya. Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana panitia Indonesia Mengglobal Mentorship Program ini dapat mencocokkan dan memfasilitasi para mentor dan mentee yang memiliki bidang studi yang sama. Hal ini membuat kegiatan mentoring antara mentor dan mentee bukan hanya tentang cara menyusun motivation letter, curriculum vitae, dan lain sebagainya, tetapi juga diskusi seputar bidang studi yang digeluti, sehingga diskusi bisa lebih intense dan mendalam.

Berdasarkan diskusi dengan mentee, saya pun mendapatkan kesan jika program Indonesia Mengglobal Mentorship Program ini membuat para mentee menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk mewujudkan impian studi di luar negeri karena mereka merasa mendapatkan teman untuk diajak berdiskusi.

A happy ending from my mentee

Di akhir program Indonesia Mengglobal Mentorship Program ini, saya mendapatkan kabar bahwa mentee saya berhasil mendapatkan beasiswa yang sangat prestisius, yaitu Australia Awards Scholarship (AAS) yang telah beliau perjuangkan bertahun-tahun. Hal yang tentunya juga membahagiakan bagi saya, karena beliau berhasil meraih apa yang beliau impikan, yaitu meraih beasiswa dan kesempatan untuk studi lanjut di luar negeri melalui program mentorship ini.

Overall, Indonesia Mengglobal Mentorship Program ini sangat berkesan bagi saya, dan saya harap program ini akan terus menemani para scholarship hunters dalam meraih impiannya untuk studi di universitas yang mereka impikan dengan pendanaan beasiswa penuh dari berbagai institusi. Program mentorship ini akan selalu bermanfaat sampai kapan saja baik untuk para scholarship hunters sebagai mentee dan juga untuk para mentor dalam mengembangkan pemikiran dan bertukar ide.

Open recruitment untuk mentee di Indonesia Mengglobal Mentorship Program 2022. Sumber: Indonesia Mengglobal

So, bagi kamu yang sedang melakukan persiapan studi ke luar negeri, jangan lewatkan program Indonesia Mengglobal Mentorship 2022 dengan mendaftarkan diri sebagai mentee melalui tautan berikut ini.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin membantu mewujudkan calon-calon mahasiswa Indonesia untuk studi ke luar negeri, bergabunglah sebagai mentor di Indonesia Mengglobal Mentorship 2022 dengan mendaftarkan diri melalui tautan berikut ini.

Tetap semangat untuk Mengglobal!

Open recruitment untuk mentor di Indonesia Mengglobal Mentorship Program 2022. Sumber: Indonesia Mengglobal

***

Editor: Yogi Saputra Mahmud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here