Australia Awards Scholarship 2022: Siap Raih Beasiswa Penuh Jenjang S2 dan S3 dari Pemerintah Australia?

0
1592
Sydney Opera House. Sumber: Caleb Russel di unsplash.com
Sydney Opera House. Sumber: Caleb Russel di unsplash.com

Pendaftaran Australia Awards Scholarship (AAS) 2022 kini telah dibuka! Beasiswa ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang bercita-cita untuk melanjutkan studi di jenjang magister ataupun doktoral di Australia. 

Untuk intake 2023, beasiswa AAS berfokus pada tema-tema Health Security, Stability dan Economic Recovery yang berhubungan dengan Rencana Tanggap Pembangunan COVID-19. Di artikel ini, Dessy Nur Amelia, Content Director for Australia, New Zealand, dan Pacific Islands mengulas mengenai lini masa dan hal-hal yang perlu disiapkan untuk pendaftaran beasiswa AAS.

***

Tentang beasiswa AAS

Beasiswa AAS adalah beasiswa yang diberikan pemerintah Australia kepada para calon pemimpin di masa depan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dalam rangka meningkatkan pembangunan secara inklusif dan produktif. Melalui pendidikan serta penelitian, para penerima beasiswa AAS diharapkan dapat untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya guna memberikan perubahan yang positif serta mampu membangun hubungan yang erat antara negara asal dengan Australia. 

Penerima Beasiswa AAS dinilai dari aspek kualitas profesional dan pribadi, kompetensi akademik, dan yang paling utama, potensi mereka untuk berkontribusi pada tantangan pembangunan di Indonesia.

Ditambah lagi, setiap tahunnya, beasiswa AAS menjadi primadona bagi para pejuang studi lanjut di luar negeri dikarenakan banyaknya manfaat yang didapatkan dari beasiswa ini, yaitu: 

  1. Pre-Departure Training (PDT), yaitu pelatihan pra-keberangkatan untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris dan akademik. AAS pun akan memberikan biaya tiket dari daerah asal serta uang saku;
  2. Biaya persiapan keberangkatan, yaitu visa dan pemeriksaan medis;
  3. Asuransi kesehatan selama studi;
  4. Dana penunjang di awal kedatangan di Australia;
  5. Biaya kuliah dan living allowance;
  6. Pengantar program akademik serta dukungan akademis profesional selama studi.

Selain itu, penerima beasiswa AAS juga berkesempatan untuk meningkatkan profesionalismenya serta memperluas jejaring melalui program on award enrichment. Sangat menarik bukan?

Persiapan dokumen

Setelah pelamar memastikan dirinya memenuhi persyaratan umum beasiswa AAS, pelamar dapat menyiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. Akta kelahiran atau dokumen yang setara lainnya,
  2. Kartu Tanda Penduduk/Passport
  3. Riwayat hidup terbaru
  4. Transkrip dan ijazah pendidikan terakhir
  5. Hasil tes IELTS/PTE Academics/Tes TOEFL terakhir yang didapatkan pada periode 29 April 2020 sampai dengan 29 April 2022. Perlu diperhatikan bahwa tes prediksi TOEFL tidak dapat diterima.
  6. Pelamar yang pernah menempuh pendidikan setara DIII diharuskan untuk melampirkan sertifikat/transkrip ekstensi DIV/S1
  7. Pelamar jenjang doktoral harus melampirkan ijazah dan transkrip S1, referensi akademik dari pembimbing S2, serta proposal riset.
  8. Pelamar dari Indonesia yang melakukan pendaftaran secara daring harus mengisi Additional Information for Online Application.
  9. Pelamar yang bekerja di sektor publik harus menyelesaikan Nominating Agency Declaration form.
  10. Pelamar yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara diwajibkan untuk melampirkan surat keputusan pengangkatan PNS.
Illustrasi persiapan dokumen beasiswa. Sumber: Mari Helin dari unsplash.com
Illustrasi persiapan dokumen beasiswa. Sumber: Mari Helin di unsplash.com

Lini masa dan alur tes

Pendaftaran beasiswa AAS dibuka sejak tanggal 1 Februari 2022, dan ditutup pada tanggal 29 April 2022 pukul 20.59 WIB. Adapun rangkaian tes yang harus dilalui para pelamar beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Para pelamar mengirimkan dokumen pendaftaran paling lambat 29 April 2022 pukul 20.59 WIB. 
  2. Pelamar menerima informasi mengenai hasil seleksi tahap pertama pada bulan Juni 2022. Adapun pelamar yang berhasil akan menerima jadwal mengenai tes wawancara serta tes IELTS yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022.
  3. Pelamar beasiswa akan menerima final result pada bulan Agustus 2022.

Prioritas pendaftar dan program studi

Penerima beasiswa Australia Awards dikategorikan ke dalam dua kategori, yaitu kategori target dan non target. Pelamar dari kategori target merupakan kandidat yang bekerja di lingkungan sebagai berikut:

  1. Bekerja di salah satu provinsi atau area fokus geografis yang dinominasikan dalam program kemitraan pembangunan Pemerintah Australia/Pemerintah Indonesia, yaitu Aceh, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. 
  2. Bekerja di instansi pemerintah Indonesia (termasuk pusat, provinsi, atau daerah) tetapi tidak meliputi pegawai Badan Usaha Milik Negara atau Perguruan Tinggi Negeri. 

Sedangkan pelamar dari non-target termasuk pegawai negeri dan non-PNS di luar kategori di atas.

Ilustrasi wawancara Sumber: Van Tay Media dari unsplash.com
Ilustrasi wawancara Sumber: Van Tay Media di unsplash.com

Adapun prioritas program studi beasiswa AAS intake 2023 disesuaikan dengan Rencana Tanggap Pembangunan COVID-19, dengan daftar sebagai berikut:

  1. Health Security: Communicable Disease Prevention; Health Management, Health Services; Maternal and Child Health; Public Health; Education and Training; Education Management; Human Resource Development; Development Studies; International Studies.
  1. Stability: Law, legal and judicial systems; Political Science and Government; Public administration; Public expenditure management; Public Sector Reform; Environmental Law; Anti-corruption; Decentralisation; Monitoring and Evaluation; Transnational Crime Prevention; Conflict Resolution; Women and Gender Studies; Disability Services; Disaster Prevention and Management; Cyber Security.
  1. Economic Recovery; Trade; Small and medium enterprise development; Economics; Infrastructure Planning; Transport Safety; Water and Sanitation; Mining; Livestock management; Animal Husbandry; Agriculture; Aquaculture/fisheries; Forestry; Natural Resource Management; Climate Change; Rural Growth.

Demikian beberapa poin-poin persiapan dan lini masa beasiswa AAS yang perlu diperhatikan sebelum kamu mendaftar. Simak juga kisah-kisah para penerima beasiswa AAS terdahulu yang pernah diulas di dalam situs Indonesia Mengglobal melalui tautan berikut ini.

Selamat menyiapkan diri untuk menempuh studi di Australia dan semoga aplikasi beasiswa AAS para Sahabat Indonesia Mengglobal sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here