Kuliah di TAFE Southbank (Australia): Pelajaran, Pengalaman, dan Prospek

0
2346
Tempat magang di The Munro Centre, salah satu childcare di Brisbane (Dokumentasi Pribadi)

Kuliah di TAFE Southbank (Australia) adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus tanpa bikin skripsi!

Monica Novianti (Monica), salah satu mahasiswi asal Indonesia yang sedang studi di TAFE Southbank membagikan cerita pengalamannya belajar di program Certificate III in Early Childhood Education and Care. Simak pengalaman seru Monica dalam menempuh pendidikan di negeri kangguru, yuk!

Mengenal TAFE Australia Lebih Dekat

TAFE (Technical and Further Education) Australia merupakan institusi pendidikan tersier yang dimiliki, dioperasikan, dan dibiayai oleh state/territory governments. Disini kamu bisa menemukan program studi kuliah yang menarik, beragam, dan berkualitas. Beberapa contoh bidang studi yang bisa kamu ikuti di TAFE adalah sebagai berikut: business, finance, hospitality, tourism, construction, engineering, visual arts, information technology, beauty and hairdressing, sport and fitness, health, building design and decoration, community work, child care, dan lain-lain.

TAFE berbeda dengan universitas-universitas pada umumnya. Hal ini karena para mahasiswa TAFE dilatih lebih banyak secara praktik dan beban non-praktik nya tidak seberat mahasiswa-mahasiswa di universitas. Selain itu, perihal biaya, pendidikan di TAFE tergolong lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pendidikan di universitas. Perbedaan lainnya juga dapat terlihat di durasi perkuliahan, durasi program yang disediakan TAFE biasanya lebih singkat dari pada program yang ada di universitas.

Ada 59 institusi TAFE yang tersebar di seluruh wilayah Australia dan 13 diantaranya berada di Queensland. Perbedaan antara TAFE satu dengan TAFE lainnya terletak di courses yang disediakan. Oleh karena itu, pastikan bahwa lokasi kampus incaranmu menyediakan course yang diminati. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih banyak tentang kuliah di TAFE Queensland, Greater Brisbane (Southbank).

Sekilas mengenai TAFE Southbank

TAFE Southbank berada di lokasi yang sangat strategis di tengah-tengah pusat kota Brisbane. Di sekitar kampus dapat ditemukan berbagai macam tempat menarik seperti museum, galeri, performing arts venues, dan the state library. Selain itu, kamu juga bisa menelusuri pinggir sungai kota Brisbane hanya dengan jalan kaki, lho!. Yang tidak kalah kerennya lagi, TAFE Southbank memiliki restoran dan kafe yang di kelola dan dioperasikan oleh mahasiswa jurusan kuliner nya. Jadi tidak perlu khawatir kelaparan di antara jam kelas nih!

Untuk mode pembelajaran, TAFE memfasilitasi mahasiswa dari berbagai kalangan usia dan background sehingga proses belajar dan mengajar pun sangat fleksibel. Kamu bisa enroll di program TAFE baik secara online maupun in-person dan terdapat pula opsi full-time maupun part-time.

Kuliah di TAFE Southbank (Australia): Pelajaran, Pengalaman, dan Prospek
Foto 1. Norman Price Theatre: tempat praktik mahasiswa jurusan Acting and Performance Course di TAFE Southbank
(Dokumentasi Pribadi)

Awal mula Monica Kuliah di TAFE Southbank

Salah satu mahasiwa TAFE Southbank asal Indonesia, Monica Novianti (Monica), sedang menempuh studinya di program Certificate III in Early Childhood Education and Care. Sebelum berkuliah di TAFE Southbank, Monica sempat bekerja sebagai seorang guru di sekolah dasar swasta di Yogyakarta. Pengalaman tersebut menjadi motivasinya untuk terus menggeluti dan mengembangkan pembelajaran di bidang pendidikan anak usia dini.

Secara umum, syarat untuk bekerja sebagai seorang early childhood educator di Australia adalah harus mempunyai Certificate III in Early Childhood Education and Care. Dengan memperoleh sertifikat tersebut, dapat dibuktikan bahwa kamu memiliki kompetensi yang mumpuni dalam mengedukasi anak-anak usia dini baik secara teori (pembelajaran di kelas) maupun praktik (vocational practice/internship/magang).

Bagaimana Rasanya Kuliah di TAFE Southbank?

Kuliah di TAFE Southbank (Australia): Pelajaran, Pengalaman, dan Prospek
Foto 2. Learning Outdoor Space di TAFE Southbank
(Dokumentasi Pribadi)

Atmosfer perkuliahan di TAFE Southbank sangat kaya akan keanekaragaman dan dinamis. Ini karena mahasiswa-mahasiwa nya yang datang dari berbagai macam negara dan latar belakang. Tidak jarang Monica menjumpai teman sekelas dengan usia yang terpaut jauh. Ada yang masih sangat muda sekitar 18 tahun dan ada pula yang sudah cukup berumur sekitar 40 tahun. Situasi ini membuat Monica belajar menempatkan diri, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan baik sesuai dengan usia. Para dosen yang mengampu mata kuliah pun sangat interaktif dan encouraging. Mahasiswa di motivasi untuk menyampaikan pendapatnya dan distimulasi untuk dapat berpikir secara kritis.

Terkait dengan silabus perkuliahan, semua mata kuliah yang tersedia pada program studi Early Childhood Education and Care adalah bersifat paket atau wajib, sehingga lulusan program ini diharapkan dapat memiliki skill dan kompetensi yang tepat guna dalam karir kedepannya. Selama perkuliahan, mahasiswa akan dinilai berdasarkan beberapa assessment termasuk didalamnya nilai tugas, ujian, dan laporan internship (tidak ada skripsi/tugas akhir/thesis).

Monica juga punya tempat favorit untuk mengerjakan tugas-tugas lho!. Menurutnya, perpustakaan TAFE Southbank sangat nyaman dan memadai. Akses computer dan internet yang cepat serta vibe ruangan perpustakaan yang cozy membuat betah untuk nugas disini berjam-jam.

Wajib Internship 160 Jam

Selain kegiatan perkuliahan di kelas, mahasiswa jurusan Early Childhood Education and Care juga diwajibkan untuk melaksanakan internship selama 160 jam di childcare. Selama masa internship, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempraktikkan secara langsung teori-teori yang telah dipelajari di kelas dalam pengawasan dan bimbingan senior educator di childcare tersebut.

Menurut Monica, pelajaran dan pengalaman yang didapatkan saat magang sangatlah berharga. Beliau di latih untuk menyusun silabus pembelajaran, mengobservasi anak, refleksi perkembangan anak, dan berinteraksi dengan anak (menyambut anak saat sampai di childcare, bermain, ganti popok, meng-handle anak yang sedang rewel, membimbing dalam menerapkan manner saat makan siang, morning tea dan afternoon tea, mengedukasi tentang nutrisi pada makanan, mengucapkan selamat tinggal pada saat jam pulang).

Pengalaman paling berkesan saat magang yang dialami Monica adalah saat aktivitas bermain dengan anak. Beliau tersadar bahwa selama ini mungkin masih banyak orang dewasa yang sering menganggap waktu bermain anak adalah kurang bermanfaat, namun, pada kenyataannya aktivitas bermain itu sama dengan aktivitas belajar bagi anak. Contohnya, saat bemain pasir, secara tidak langsung kegiatan tersebut juga melatih motorik anak. Lebih dari pada itu, dalam hal pengalaman berinteraksi dengan anak, Monica juga bercerita bahwa orang dewasa harus menghormati preferensi, privasi, dan boundaries anak. Sebab sama dengan orang dewasa, kita harus ingat bahwa anak juga memiliki hak untuk didengarkan.

Kuliah di TAFE Southbank (Australia): Pelajaran, Pengalaman, dan Prospek
Foto 3. Lokasi TAFE Southbank (Dokumentasi Pribadi)

Dewasa ini, demand untuk pekerjaan early childhood educator sangat tinggi. Oleh sebab itu, networking sangatlah penting untuk memperluas job opportunity. Berdasarkan pengalaman para alumni, diketahui bahwa banyak mahasiswa dari jurusan ini kerap mendapatkan posisi tetap sebagai educator terutama di tempat magang nya segera setelah kelulusan.

Selama menjalani perkuliahan di TAFE Southbank, Monica mendapat kesempatan untuk mengembangkan skill akademik dan praktikal secara komprehensif. Setelah lulus nanti, beliau berencana untuk bekerja sebagai seorang early childhood educator dan mempraktikkan ilmu-ilmu yang diperolehnya dari perkuliahan di childcare tempatnya bekerja.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkuliah di TAFE Southbank (Queensland), disarankan untuk segera mempersiapkan diri menghadapi ujian proficiency Bahasa Inggris (IELTS minimal 5.5) dan tes pengetahuan akademik matematika dasar. Kemudian, kirimkan formulir pendaftaran (bisa secara online maupun in-person) sesuai dengan deadline pembukaan pendaftaraan masing-masing program studi.

Untuk informasi lebih lanjut (how to apply, scholarships, program lists, etc.) silakan kunjungi website resmi TAFE Australia melalui link berikut ini TAFE Queensland | Courses & Training – Online & On-Campus (tafeqld.edu.au).

Berikut profil dari Monica Novianti:

Monica merupakan salah satu mahasiswi TAFE Southbank di program Certificate III in Early Childhood Education and Care. Beliau berasal dari Yogyakarta, Indonesia dan sekarang sedang tinggal di Brisbane, Australia. Di waktu senggang beliau suka membaca, menulis, dan jalan-jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here