Indonesia Mengglobal 11th Anniversary: Unleash Youth Potential, Energize the Essentials

0
712
Sebagian kecil dari keluarga besar Indonesia Mengglobal

Pada bulan Agustus ini, Indonesia Mengglobal merayakan hari jadinya ke-11. Setiap tahun, kami menjadikan momen anniversary ini sebagai pengingat misi utama didirikannya Indonesia Mengglobal, sambil menyoroti cerita dan prestasi anak-anak bangsa di berbagai penjuru dunia yang sesuai dengan tema tertentu. 

Tahun lalu, misalnya, setelah dua tahun pandemi kami memilih untuk merayakan tema Bounded Possibilities Amid Bounded Times untuk menyoroti cerita-cerita inspiratif teman-teman Indonesia di berbagai penjuru dunia yang memanfaatkan peluang-peluang yang tidak terbatas di dalam waktu yang penuh batas. Sebelumnya lagi, tahun 2021, anniversary kami bertema Celebrating Resilience untuk merayakan semangat anak-anak bangsa yang bertahan memeluk impiannya meskipun menghadapi ketidakpastian.

Badai pandemi telah berlalu. Tahun 2023 melambangkan harapan dan kemungkinan-kemungkinan baru terbebas dari “survival mode” zaman pandemi. Kami kami dari management team Indonesia Mengglobal ingin menjadikan anniversary ini sebagai ajang berbagi inspirasi dan diskusi tentang topik-topik esensial dalam pembangunan bangsa. Melalui tema anniversary tahun ini, kami ingin mengajak audiens Indonesia Mengglobal untuk bersama-sama memikirkan cara menggali dan mengembangkan potensi diri dalam pendidikan tinggi dan karir di bidang-bidang esensial pembangunan bangsa. 

Bidang-bidang apa sajakah yang termasuk esensial dalam pembangunan bangsa? Tentunya jawaban pertanyaan ini beragam dan tergantung siapa yang ditanya. Kami dari Indonesia Mengglobal telah memilih tiga topik esensial yang menurut kami paling menarik untuk dibahas di platform kami bulan ini.

Indonesia Mengglobal 11th Anniversary: Unleash Youth Potential, Energize the Essentials
Buku Indonesia Mengglobal

Topik pertama: energy transition. Pesan dari peneliti dan politisi secara global sudah jelas: untuk menangani krisis iklim, transisi energi adalah sebuah prioritas. Bangsa Indonesia, sama seperti bangsa-bangsa lainnya, harus mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil yang tidak berkelanjutan (seperti minyak bumi, batu bara, dan lain-lain), dan mengubah sistem energi negara kita jadi menggunakan sumber-sumber energi yang berkelanjutan. Mengetahui hal ini, bagaimana kita sebagai anak-anak bangsa bisa mempersiapkan diri untuk berpartisipasi dalam transisi energi? Kami percaya, banyak anak-anak Indonesia dengan pendidikan dan karir global di bidang transisi energi yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak bangsa lainnya. 

Topik kedua: education equity. Kesuksesan pembangunan bangsa harus didasari dengan sistem pendidikan yang mumpuni. Bukan hanya pendidikan berkualitas tinggi, tapi juga akses kepada pendidikan yang merata dan setara. Akses pendidikan berkualitas harus bisa didapatkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, terlepas dari status ekonomi, sosial, jenis kelamin, dan kondisi fisik yang dimiliki setiap individu. Dalam sebelas tahun berdirinya Indonesia Mengglobal, kami mengangkat cerita banyak orang Indonesia yang memperjuangkan kesetaraan pendidikan di Indonesia dengan cara mereka masing-masing. Di bulan anniversary ini, kami ingin menyoroti lebih banyak lagi cerita-cerita serupa.

Topik ketiga: technological advancement. Setiap hari di ranah pekerjaan, pendidikan, berita, dan bahkan sampai percakapan antara teman dan keluarga, pasti kita tidak bisa terlepas dari jargon-jargon teknologi terbaru. Dari artificial intelligence, machine learning, cybersecurity,  dan istilah-istilah lainnya, perkembangan teknologi terbaru adalah bagian dari topik percakapan sehari-hari. Tapi bagaimana caranya agar bangsa Indonesia bukan hanya menjadi penerima pasif dari perkembangan teknologi global? Bagaimana bila anak-anak bangsa bisa menjadi bagian dari penentu arah perkembangan teknologi? Banyak anak bangsa di berbagai penjuru dunia sudah menjadi bagian dari penentuan arah perkembangan teknologi secara global. Maka di bulan ini, kami ingin mengangkat cerita-cerita mereka sebagai inspirasi bagi banyak orang.

Indonesia Mengglobal 11th Anniversary: Unleash Youth Potential, Energize the Essentials
Beberapa anggota management team Indonesia Mengglobal setelah acara anniversary tahun lalu

Energy transition, education equity, technological advancement. Tiga tema yang seakan terpisah dan berbeda dari satu sama lain. Tapi, sebuah benang merah yang ingin kami tarik adalah betapa pentingnya tiga tema ini sebagai bagian esensial bagi pembangunan bangsa dalam beberapa tahun ke depan. Dalam bulan anniversary ini, kami ingin mengangkat cerita-cerita inspiratif dan informatif mengenai ketiga tema tersebut supaya anak-anak muda bisa mengambil inspirasi dalam pengembangan diri dan penggalian potensi, baik melalui pendidikan tinggi maupun karir. Kami percaya bahwa cerita-cerita inspiratif bisa menjadi motivasi dan guidance bagi anak-anak muda dalam menentukan dan merencanakan langkah-langkah menuju masa depan.

Unleash youth potential, energize the essential. Itulah tema bulan anniversary Indonesia Mengglobal tahun ini. Kami mengundang teman-teman untuk mengikuti cerita-cerita inspiratif di platform-platform Indonesia Mengglobal, dan juga mengambil bagian dari diskusi seputar tiga topik dalam tema ini. Semoga artikel-artikel, social media posts, bahasan podcast, dan acara yang kami publikasi dan adakan bulan ini bisa menjadi pemantik pemikiran dan diskusi yang bermakna bagi pembangunan bangsa.

Indonesia Mengglobal 11th Anniversary: Unleash Youth Potential, Energize the Essentials
Sebagian kecil dari keluarga besar Indonesia Mengglobal

Kembali lagi mengingat visi didirikannya Indonesia Mengglobal 11 tahun yang lalu: menjadi wadah diskusi dan inspirasi masyarakat Indonesia dalam menjunjung pendidikan tinggi dan karir di kancah global. Kami percaya perjalanan-perjalanan pengembangan diri anak-anak Indonesia tidak harus mengenal batasan-batasan negara. Kami juga percaya bahwa kesempatan mengglobal bukan berarti meninggalkan Indonesia. Pembangunan bangsa dimulai dengan menggarap potensi anak-anak mudanya dimanapun mereka berada.

Happy anniversary, Indonesia Mengglobal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here