Belajar dan Berkontribusi: Do-able and YouthABLE

0
660
Pengukuhan Paskibra KJRI Perth
Pengukuhan Paskibra KJRI Perth

Banyak para pemuda yang merasa bahwa belajar dan berkontribusi kepada lingkungan sekitar sulit untuk dilakukan dalam waktu bersamaan. Hal itu karena beban yang diemban selama belajar di sekolah atau universitas seringkali menyita banyak waktu dan energi sehingga ruang untuk berkontribusi pun menjadi semakin sempit dan terbatas. Namun demikian, hal tersebut bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Ode telah membuktikan bahwa belajar dan berkontribusi untuk negeri dapat dijalani beriringan tanpa mengurangi performa di salah satu kegiatan tersebut.

Penasaran dengan cerita pengalaman Ode dalam menyeimbangkan kegiatan belajar dan berkontribusi? Yuk, kita simak kisah nya sama-sama!

Kegiatan terkini Ode

La Ode Rifaldi Nedan Prakasa, yang biasa disapa Ode, lahir dan besar di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Dia merupakan lulusan program sarjana International Relations dari President University dan saat ini sedang menempuh studi pascasarjana di bidang Strategic Communication di University of Western Australia (UWA) dengan beasiswa LPDP. Selain sibuk kuliah, Ode juga aktif berkontribusi sebagai CEO dan Co-Founder YouthABLE Indonesia.

Belajar sampai Negeri Kangguru

Belajar dan Berkontribusi: Do-able and YouthABLE
Winthrop Hall, University of Western Australia (Dokumentasi pribadi)

Perjalanan Ode ke UWA dimulai dari keinginannya sejak kecil untuk kuliah di Negeri Kanguru yang selalu memikat hatinya. Mimpi tersebut terus digenggam Ode sampai pada saat ia bekerja sebagai seorang konsultan komunikasi di sebuah perusahaan swasta di Indonesia. Kala itu, Ode merasa tertahan dalam intermediate-level trap sebab meskipun sebagai seorang sarjana Hubungan Internasional yang mahir dalam komunikasi, ia merasa belum menjadi seorang ahli yang mampu memberikan saran strategis kepada klien. Ode sadar bahwa ia membutuhkan lebih banyak ilmu dan pengalaman lagi. Hal ini pada akhirnya membuat Ode memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di UWA, satu-satunya universitas di Australia yang menawarkan program studi khusus dalam bidang strategi komunikasi.

Pengalaman belajar di UWA terasa sangat jauh berbeda dengan di Indonesia. Di UWA, para mahasiswa fokus pada pembelajaran mandiri (student-centred learning). Semua materi kuliah dan daftar bacaan terintegrasi dalam sistem manajemen pembelajaran, dan tidak ada hubungan kuasa antara dosen dan mahasiswa. Fasilitas yang tersedia sangat mendukung proses pembelajaran.  

Selain beraktivitas di bidang akademik, Ode juga bergabung di beberapa organisasi, seperti AIPSSA (Association of Indonesian Postgraduate Students and Scholars in Australia), LPDP Perth, Paskibra KJRI Perth dan klub bulu tangkis. Di sana, Ode dapat mengasah kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dalam tim, bahkan menyalurkan hobi olahraga!

Terkait dengan adaptasi diri di Australia, Ode mengakui bahwa dia sempat mengalami culture shock ketika pertama kali tiba di kota domisilinya, Perth. Budaya egaliter dan disiplin waktu yang tinggi menjadi ciri khas orang Australia membuat Ode semakin tertantang untuk mengatur waktu agar selalu on-time dalam menjalani jadwal sehari-harinya. Selain itu, culture shock lainnya adalah ketika mahasiswa memanggil dosen tanpa panggilan Bapak/Ibu atau sebutan kehormatan lainnya. Hal ini karena dosen dan mahasiswa dianggap setara, sehingga biasanya dosen dipanggil dengan nama mereka.

Berkontribusi melalui YouthABLE

Belajar dan Berkontribusi: Do-able and YouthABLE
YouthABLE meeting secara virtual 18 Agustus 2023 (Dokumentasi pribadi)

YouthABLE adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Ode dan rekan-rekannya. Awalnya, YouthABLE merupakan proyek kuliah di President University yang bertujuan untuk mengajak anak-anak muda menjadi agen perubahan dalam isu-isu seperti Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development (SDG) contohnya isu disabilitas, pemberdayaan perempuan, dan lingkungan. Saat ini, YouthABLE fokus pada pemberdayaan anak muda dalam isu-isu lingkungan yang sesuai dengan visi mereka untuk “Memberdayakan Anak Muda Indonesia untuk Mendorong Keberlanjutan Lingkungan dan Pembangunan.”

Motivasi utama Ode dalam mendirikan YouthABLE adalah dorongan untuk mengajak anak-anak muda agar menjadi agen perubahan. Dia melihat bahwa banyak mahasiswa dan anak muda yang cenderung kurang peka terhadap lingkungan sekitarnya dan hanya berfokus pada kuliah, padahal banyak sekali isu-isu yang membutuhkan peran aktif dari mereka. Oleh sebab itu, Ode dan timnya mendirikan YouthABLE sebagai wadah untuk anak muda berkontribusi positif.

Sejak berdiri pada tahun 2019, YouthABLE telah berhasil menjalankan banyak program di berbagai kota di Indonesia, melibatkan lebih dari 1000 anak muda dalam berbagai proyek, seperti Trash to Treasure di Bekasi, Action Beyond Limitation di Jakarta, Cananga Movement di Malang, SARIRA di Bali, YouthABLE Tongkuno di Muna, Gemohing4Lembata di Nusa Tenggara Timur, dan Papua Teaching Project di Papua. Saat ini, YouthABLE sedang fokus menjalankan dua proyek lingkungan bekerjasama dengan President University serta pihak pemerintah dan swasta.

Kedepannya, YouthABLE berharap untuk dapat merangkul lebih banyak lagi anak muda untuk sama-sama bergabung dengan organisasi ini dan berkontribusi kepada lingkungan sekitar sehingga dampak dari aksi kontribusi yang dilakukan dapat menjadi lebih impactful.

Pesan dari Ode

Belajar dan Berkontribusi: Do-able and YouthABLE
Oral Presentasi Public Communication Unit, membedah retorika pidato Greta Thunberg di UN Climate Summit, ketika mendesak world leader untuk take action dalam isu lingkungan (Dokumentasi pribadi)

Kepada teman-teman yang ingin belajar dan berkontribusi kepada negeri, Ode berpesan untuk jangan patah semangat dan terus berusaha sebaik mungkin.

Semangatlah dalam mengejar impian dan menimba ilmu di negeri orang, tetapi jangan lupa untuk terus berkontribusi positif untuk anak muda Indonesia.” -Ode


La Ode Rifaldi Nedan Prakasa, yang biasa disapa Ode, lahir dan besar di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Dia merupakan lulusan International Relations dari President University dan saat ini sedang menempuh studi pascasarjana di bidang Strategic Communication di University of Western Australia (UWA) dengan beasiswa LPDP. Selain itu, Ode juga menjabat sebagai CEO dan Co-Founder YouthABLE Indonesia. Dia dapat dihubungi melalui akun Instagramnya @laodealdi atau melalui email di 23747397@student.uwa.edu.au.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here