7 Hal yang Perlu Diketahui saat Persiapan Study ke Luar Negeri

0
633
Berkuliah di luar negeri membuka berbagai peluang internasional
Berkuliah di luar negeri membuka berbagai peluang internasional

Tidak sedikit dari kita memiliki impian untuk berkuliah di luar negeri. Seringkali, perasaan takut dan minder menghampiri ketika kita memikirkannya. Karena banyaknya stigma di sekitar yang berpikir bahwa itu adalah impian yang terlalu tinggi dan sulit untuk dicapai. Stigma ini dapat muncul karena beberapa dari kita mungkin masih belum paham betul tentang apa saja langkah-langkah nyata yang dapat dilakukan demi mewujudkan impian tersebut.

Bagaimana caranya menipis stigma tersebut? Jangan khawatir! Kali ini, Ryka Widyaningtyas atau yang akrab dipanggil Ryka, influencer lulusan University of Dundee, Skotlandia, Inggris Raya, berkenan untuk berbagi 7 tips yang perlu diketahui kalau kamu sedang persiapan study ke luar negeri. Ryka aktif berbagi tips seputar kehidupannya saat berkuliah di Inggris Raya ini mengaku bahwa persiapannya untuk berkuliah ke Dundee juga tidak mudah. Dia mengalami fase up and down selama proses persiapannya itu.

  1. Persiapan kuliah ke luar negeri butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit

Ini adalah hal pertama yang pasti harus dihadapi jika kamu sedang Bersiap berkuliah ke luar negeri. Mulai dari biaya kuliah, les bahasa asing, hingga tes IELTS itu tidak murah dan tidak mudah juga. Eits, jangan menyerah dulu! Karena pengalaman yang akan kamu dapatkan setelah menyelesaikan kuliah di luar negeri tidak bisa dibeli oleh apapun. Ryka juga menyarankan bahwa menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk persiapan ini menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

“It takes time and require a lot of energy and money! So, harus banyak-banyak nabung yah”, ujar Ryka di akun instagramnya.

2. Motivasi saja tidak cukup, butuh disiplin mencapai goals

Disiplin merupakan kunci kesuksesan. Ketika kamu sudah motivasi yang kuat, hal ini harus dibarengi dengeng tingkat kedisplinan yang tinggi. Contohnya, saat kamu belajar bahasa asing baru. Kamu harus memaksa diri kamu untuk disiplin tiap harinya untuk terus belajar bagian-bagian yang kamu pikir penting untuk diperdalam. Hal ini juga dialami oleh Ryka, di mana dia mulai belajar bahasa inggris dari yang paling dasar dan belajar dengan giat tiap hari dengan belajar mandiri ataupun kursus bahasa hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan target yang dia inginkan. Hingga, akhirnya dia kini berhasil menjadi lulusan dari salah satu kampus di Inggris Raya, Ryka masih terus belajar.

3. Belajar bisa di mana aja, tapi pilihlah yang terbaik untuk career plan ke depan

Ryka menjelaskan bahwa banyak keputusan besar yang harus diambil ketika kamu sedang mempersiapkan study ke luar negeri. Misalnya, dia memutuskan untuk lanjut study ke jenjang master karena dia memiliki career plan yang mengharuskannya untuk memiliki gelar master untuk mencapai goals yang telah dia tentukan untuk masa depannya. Maka, penting sekali untuk mengetahui dan menentukan career plan kamu sebelum mempersiapkan segalanya untuk kuliah ke luar negeri ya.

“Bikin clear and specific career plan, ini penting untuk bikin kita keep going teruuus, yah! Semangaaat!”, tambah Ryka.

4. Beasiswa itu jodoh-jodohan

Semisal nggak dapet beasiswa artinya belum rejekinya mungkin di tempat atau waktu yang lain. Intinya, terus mencoba dan pantang menyerah. Banyak sekali kisah inspiratif dari tokoh besar yang akhirnya berhasil di percobaannya ke sekian kalinya. Ingat, kegagalan adalah awal kesuksesan. Keep going!

5. Rangking bukan indikator utama memilih kampus

Bisa berkuliah di kampus ternama sedunia memang keren. Tapi, ada hal penting lain yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, tidak semua top kampus memiliki jurusan yang sesuai dengan jurusan yang mungkin akan kamu pilih. Juga, pastikan kampus yang akan kamu pilih sejalan dengan career plan kamu, ya!

Penentuan career plan adalah hal penting sebelum kamu mempersiapkan study ke luar negeri
Penentuan career plan adalah hal penting sebelum kamu mempersiapkan study ke luar negeri

6. Akan ada orang yang menganggap mimpi kamu terlalu tinggi

“That’s okay. Just keep going and prove you can do it!”

Itu semangat dari Ryka untuk kamu yang sering mendapatkan tekanan dari sekitar tentang mimpimu untuk berkuliah ke luar negeri. Bermimpilah yang tinggi, hingga jika kamu terjatuh, kamu akan terjatuh di antara bintang-bintang. Begitulah pepatah dari Bung Karno yang sering kita dengar. It’s always worth to try!

7. Pilih circle yang support mimpi kamu itu memberi afirmasi dan semangat positif

Tidak semua lingkungan akan sejalan dengan mimpi kita. Pastikan kamu terus dikelilingi orang-orang yang mendukung kamu untuk terus melangkah maju hingga akhirnya kamu bisa berangkat berkuliah ke luar negeri.

Itulah 7 hal penting yang dibagikan Ryka selama proses persiapan studynya ke luar negeri.  Semoga bermanfaat!


BAGIKAN
Berita sebelumyaA Story from the Land of Kazakh
Berita berikutnyaTahun Pertama Ph.D. di Amerika: Antara kelas-kelas yang menantang, mencari ide penelitian, dan beradaptasi dengan kehidupan baru
Annisa works remotely as a news contributor for an aquaculture magazine in Indonesia and also works in the Community Development Service in Scotland, UK. She's just graduated with a master's degree in Sustainable Aquaculture from the University of Stirling with a British Council Scholarship for Women in STEM. During her time studying in the UK, she actively encouraged women to pursue careers in STEM. Annisa dedicates her free time as a columnist for @indonesiamengglobal. She also loves to be involved in nature/outdoor and social activities.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here