Meraih Impian Kuliah S3 di UK : Persiapan Mantap bersama Program PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal

0
1219
Novelita saat menyelesaikan Bridging Course serta mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh Tutor

Menjalani studi doktor (S3) tentu memerlukan persiapan. Program S3 akan menggali lebih dalam pengetahuan, kemampuan dan berbagai soft skill. Mahasiswa belajar secara mandiri mengevaluasi dan menganalisis area tertentu dalam penelitian. Selain itu, tanggung jawab dan peran seorang lulusan doktor juga akan semakin besar dalam riset dunia pendidikan. Persiapan perlu dilakukan jauh sebelum mengambil keputusan untuk melanjutkan studi S3, bahkan akan lebih baik jika mengikuti program pelatihan studi doktor sebelum menjalani perkuliahan seperti yang dilakukan Novelita. Mengikuti program pra-doktoral dari Pemerintah kemudian berkontribusi dalam PhD Bootcamp yang diadakan oleh Indonesia Mengglobal membuatnya semakin siap berkuliah S3 di University of Sheffield, UK.

Ingin tau apa saja persiapan yang dilakukan Novelita sebelum berkuliah gelar PhD? Yuk cari tau selengkapnya pada artikel di bawah.

***

S3 dan Karir di Indonesia

Jenjang pendidikan seseorang sering kali dikaitkan dengan karir. Semakin tinggi jenjang pendidikan tersebut, biasanya semakin spesifik karier yang akan atau sedang dijalani. Di Indonesia, seseorang dengan gelar doktor erat kaitannya dengan bidang akademik, entah berkarir menjadi dosen atau peneliti. Sudah sering kita dengar pertanyaan berseliweran di masyarakat “Sudah S3? Oh berarti sekarang bekerja sebagai dosen ya?”

Skill yang dimiliki lulusan S3 identik dengan kemampuan meneliti dan analisis mendalam. Hal ini sebetulnya dibutuhkan oleh profesi manapun. Namun kemampuan tersebut sangat esensial untuk seorang dosen karena menjadi kewajiban tri-dharma perguruan tinggi. Berbicara tentang dosen, statistik dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) tahun 2021 menyatakan terdapat 320 ribu dosen dan baru sekitar 18% dari total yang berpendidikan Doktor. Persentase dosen dengan gelar doktor bisa dibilang kecil jika dibandingkan dengan dosen lulusan Magister, yaitu hampir 75%.

Selain itu, dilihat dari lamanya waktu tempuh pendidikan, umumnya S3 butuh minimal 3 tahun sampai akhirnya disematkan gelar doktor. Hal ini berarti orang tersebut butuh komitmen tinggi serta kejelian dalam tahapan risetnya sehingga orisinalitas penelitian tetap terjaga.

Dukungan Pemerintah melalui Program Persiapan Doktor Luar Negeri

Berdasarkan kondisi di atas, lalu ditambah dengan tingginya kebutuhan dosen berjenjang S3 di Indonesia, perlu ada dukungan yang diberikan kepada teman-teman yang mulai menyiapkan S3. Setiap tahun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) rutin mengadakan program beasiswa untuk persiapan dosen yang akan S3 di Luar Negeri untuk para dosen. Program tersebut bervariasi, mulai dari 1) Talent Scouting sebagai pendampingan proposal riset, 2) Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris, dan 3) Bridging Course sebagai first-hand experience program doktor di perguruan tinggi Luar Negeri. Umumnya panggilan peserta mulai dilakukan sekitar April. Pengumuman pendaftaran dapat terus dipantau di situs resmi Kemdikbud.

Novelita bersama peserta Bridging Course setelah selesai salah satu sesi kelas dengan Tutor
Novelita bersama peserta Bridging Course setelah selesai salah satu sesi kelas dengan Tutor

Saya dapat kesempatan mengikuti Bridging Course (BC) 2022 bersama 13 dosen dari berbagai perguruan tinggi. Kami ditempatkan di University of Sheffield selama 2 bulan untuk mencari potential supervisor dan diharapkan dapat melanjutkan studi. Kelebihan program BC adalah kami 1) menemui langsung beberapa calon supervisor untuk berdiskusi riset proposal, 2) melihat sarana dan prasarana kampus, serta yang paling penting yaitu 3) melakukan interaksi sesama mahasiswa calon doktor agar kesehatan mental tetap terjaga selama menjalani studi.

Lessons learnt selama Bridging Course

Pelajaran penting dari program Bridging Course (BC) sebagai modal persiapan S3:

1)      Identifikasi diri sendiri

Ada semacam lembar self-assessment yang harus diisi oleh peserta BC saat awal pertemuan. Bertujuan untuk identifikasi level kemampuan diri yang dimiliki saat ini terkait kesiapan S3. Pengecekan ini untuk pegangan dan diharapkan saat studi level tersebut akan meningkat. Sejatinya menjalani PhD adalah training untuk diri sendiri menjadi peneliti dengan kemampuan yang memenuhi etika akademik.

Meraih Impian Kuliah S3 di UK : Persiapan Mantap bersama Program PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal
Sesi setelah presentasi poster dan dihadiri oleh perwakilan Kemendikbud saat kunjungan ke University of Sheffield

2)      Kriteria supervisor

Selama studi, interaksi akan dilakukan secara intensif dengan supervisor. Maka, penting untuk menuliskan kriteria apa saja yang diharapkan ada pada supervisor. Dari berbagai kriteria impian tersebut, kami melakukan refleksi untuk menentukan kriteria yang realistis sehingga diperoleh a good sign that he/she will be my future supervisor. Supervisor juga perlu diposisikan sebagai kolega agar penyampaian informasi menjadi lebih nyaman. Terlebih, perbedaan kultur dan bahasa akan cukup banyak memengaruhi bagaimana sesi bimbingan berlangsung.

3)      Ketertarikan pada bidang riset

Menariknya, kami mulai menghubungi supervisor bukan dengan langsung memberikan proposal riset. Namun kami perlu bercerita tentang research interest sesederhana mungkin kemudian mengerucut ke rencana riset. Setelah itu, calon supervisor akan memberikan masukan yang jika cocok dengan research interest kita, maka akan dilanjutkan dengan proposal riset.

Meraih Impian Kuliah S3 di UK : Persiapan Mantap bersama Program PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal
Novelita praktik elevator pitch menerangkan gambaran riset dan menjelaskan makna dari gambar dalam sebuah jurnal

PhD Bootcamp dari tahun ke tahun

Selama program BC berlangsung, saya juga aktif di Indonesia Mengglobal dan saat itu sedang persiapan PhD Bootcamp. Salah satu program tahunan IM ini telah berlangsung sejak 2020, termasuk evaluasi dan monitoring yang juga dilakukan secara berkala terkait pembaharuan kurikulum. Kedua kegiatan tersebut bertujuan agar setiap konten yang diberikan dapat mengakomodasi kebutuhan esensial calon mahasiswa PhD. 

Pengalaman yang saya peroleh dari program Pemerintah ditambah dengan diskusi intensif bersama anggota tim IM yang juga sedang studi S3 dari berbagai benua (Asia, US, UK, Australia, dan Eropa), akhirnya kurikulum dapat difinalisasi. Harus diakui bahwa program BC Kemendikbud saat ini memang terbatas untuk dosen, sehingga diharapkan PhD Bootcamp dapat menjadi alternatif program yang dapat diikuti oleh siapapun untuk persiapan S3 ke Luar Negeri. 

Saya pribadi beruntung dapat terjun langsung dalam pembaruan konsep dan kurikulum PhD bootcamp. Mengamati progress dari tahun-tahun sebelumnya serta keberlangsungan program PhD Bootcamp di tahun 2022, saya terinspirasi dari semangat peserta dan keseriusan Coach yang telah berkomitmen untuk sharing terlepas dari perbedaan waktu yang signifikan, karena lokasi studi jauh dari Indonesia. Hal ini membuat saya semakin mantap untuk segera melanjutkan studi dalam waktu dekat.

PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal 2023

Tahun ini, PhD Bootcamp kembali dibuka dengan beberapa optimasi dan akan dilaksanakan secara intensif selama 5 minggu (November-Desember). PhD Bootcamp juga diisi dengan sesi pendampingan peserta oleh Coach berdasarkan keserumpunan topik riset dan negara tujuan.

Kegiatan per minggu akan difokuskan pada webinar dan workshop PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal:

1.       Proposal riset

Pengajuan riset yang mencakup beberapa aspek penting seperti relevansi dan kebaruan riset sebagai gambaran penelitian calon mahasiswa.

2.       Komunikasi kepada calon supervisor

Informasi awal dari calon mahasiswa kepada supervisor melalui email, sebagai platform umum yang digunakan dalam komunikasi.

3.       CV akademik

Penulisan CV akademik yang relevan dengan topik riset.

4.       Tipe PhD dan sumber dana potensial

Macam-macam sumber dana PhD dari berbagai negara yang dapat diakses oleh calon mahasiswa.

Periode pendaftaran telah dibuka baik untuk peserta dan Coach dari tanggal 17 September sampai dengan 1 Oktober 2023, pukul 23:59 WIB.

Masing-masing formulir dapat diakses melalui tautan berikut:

Partisipan: bit.ly/IMPhD23

Coach: bit.ly/IMCoach23

Meraih Impian Kuliah S3 di UK : Persiapan Mantap bersama Program PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal
Meraih Impian Kuliah S3 di UK : Persiapan Mantap bersama Program PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here