Langkah Pertama Menuju Kesuksesan: Menyusuri Master di Inggris

0
511
Potret London, Ibukota Inggris, yang memiliki puluhan universitas terkemuka di mata dunia. Sumber: https://www.pexels.com/id-id/
Potret London, Ibukota Inggris, yang memiliki puluhan universitas terkemuka di mata dunia. Sumber: https://www.pexels.com/id-id/

Sebuah program pascasarjana atau gelar master di Inggris dapat diambil setelah menyelesaikan gelar sarjana. Program master di Indonesia dan negara lain bisanya berlangsung selama dua tahun. Uniknya, program master di Inggris biasanya hanya berlangsung selama satu tahun.

Hampir seluruh kampus di Inggris merupakan institusi yang dihormati secara global karena kualitasnya yang luar biasa, dan reputasi ini memang pantas diakui. Kampus-kampus tersebut secara konsisten mengedepankan penelitian, dedikasi mereka terhadap penelitian sangat tinggi dan dilakukan dengan selalu mengutamakan integritas juga mempertahankan kualitasnya. Hal ini yang membuat mereka menduduki posisi terkemuka dalam peringkat global di bidang pendidikan dan penelitian. Pendekatan pendidikan di Inggris mendorong kreativitas dan inovasi, mempromosikan penelitian mandiri dan kerja sama, atau juga melalui tugas-tugas yang diberikan dan diskusi kelas interaktif.

Gelar master di Inggris sangat dihargai oleh para pemberi kerja di seluruh dunia. Pasalnya, beberapa universitas di Inggris merupakan universitas terkemuka di mata dunia. Peningkatan prospek karier terbuka luas dan kualifikasi lulusan master di Inggris diakui secara Internasional. Terutama bagi mahasiswa Internasional, kemampuan berbahasa Inggris dalam diasah lebih lanjut dan praktik langsung berkomunikasi dengan native speaker sudah pasti akan didapatkan setiap harinya.

Taught Masters VS Research Masters

Ada dua jenis utama gelar master yang dapat didapatkan di Inggris gelar berbasis pengajaran (Taught/Coursework Masters) dan gelar berbasis penelitian (Research Masters). Gelar berbasis pengajaran dibagi menjadi empat program yaitu Master of Arts (MA), Master of Business Administrasi (MBA), Master of Science (MSc), dan Master of Engineering (Meng). Gelar berbasis pengajaran ini melibatkan kehadiran di seminar, tutorial, dan kuliah mingguan, mirip dengan gelar sarjana. Sementara itu, gelar berbasis penelitian memungkinkan mahasiswa untuk melakukan penelitian mandiri, seperti menulis tesis, di bawah bimbingan seorang akademisi atau dosen. Program yang tersedia untuk gelar berbasis penelitian ini biasanya terdiri dari Master of Philosophy (MPhil), Master of Science (MSc), dan Master of Research (MRes).

Biaya Pendidikan

Biaya rata-rata untuk mendapatkan gelar pascasarjana di Inggris bagi mahasiswa internasional adalah sekitar £20,000 atau setara dengan 37 juta rupiah. Biasanya, beberapa universitas akan memberi potongan harga bagi mahasiswa Internasional. Pilihan lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pendidikan master gratis di Inggris adalah dengan berjuang mendapatkan beasiswa. Banyak sekali jenis beasiswa yang tersedia bagi warga Indonesia untuk bisa berkuliah di Inggris. Selain itu, biaya kuliah bervariasi tergantung pada jenis gelar master yang dipilih, lokasi di Inggris tempat mahasiswa tinggal, dan universitas yang mereka pilih.

Program atau jurusan apa saja yang tersedia?

  1. Program Master di Bidang Bisnis dan Manajemen

Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip bisnis dan praktik manajemen. Mereka mempelajari berbagai bidang seperti keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, operasional, dan strategi. Lulusan mengembangkan keterampilan kepemimpinan, berpikir kritis, dan pemecahan masalah, membuka peluang karier di bidang keuangan, pemasaran, dan kewirausahaan.

2. Program Master di Bidang Sosial-Sains

Program ini berfokus pada studi dan pemahaman masyarakat serta perilaku manusia. Lulusan dapat mengkhususkan diri dalam bidang-bidang yang menarik bagi mereka dalam ilmu sosial yang luas. Pilihan karier termasuk sebagai peneliti sosial, akademisi, pekerja sosial, atau konsultan

3. Program Master di Bidang Ilmu Komputer

Topik-topik seperti bahasa pemrograman, perkembangan terbaru dalam ilmu komputer, dan keterampilan praktis akan dipelajari secara mendalam di program ini. Lulusannya dipersiapkan untuk dapat berkarier dalam pengembangan perangkat lunak, analisis data, atau kecerdasan buatan berkat landasan yang kuat dalam ilmu komputer.

4. Program Master di Bidang Kedokteran

Gelar master ini ditujukan untuk dokter yang mencari pelatihan lanjutan dan spesialisasi di bidang medis tertentu seperti bedah atau penyakit dalam. Program pascasarjana ini, yang diberikan oleh sekolah kedokteran, melibatkan instruksi kelas, rotasi klinis, dan ujian. Biasanya, program ini berlangsung tiga hingga empat tahun dan penting untuk mendapatkan sertifikasi spesialis, seringkali ditempuh setelah menyelesaikan fellowship.

5. Program Master di Bidang Teknik

Program ini dirancang khusus untuk individu dengan gelar sarjana di bidang teknik untuk siap dalam berperan secara mandiri dan kompleks di lingkungan kerja teknis. Lulusan menemukan pekerjaan di berbagai bidang seperti  pemeliharaan, manufaktur, produksi, dan pengendalian mutu.

Persyaratan yang perlu disiapkan

Terdapat dua syarat utama yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa Internasional yang berminat untuk mendaftar master di Inggris. Pertama, calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana terkait dengan skor minimal 60%. Kedua, kemampuan berbahasa Inggris yang diukur melalui tes seperti IELTS (skor 6-7) atau TOEFL (skor 90-110). IELTS umumnya lebih sering digunakan di Inggris. Syarat-syarat lainnya biasanya dapat dilihat di website universitas yang dituju.

Setelah lulus, lulusan gelar master di Inggris memiliki peluang karier yang beragam, bergabung dengan perusahaan sebagai manajer proyek atau konsultan, termasuk bekerja di universitas sebagai peneliti atau dosen, bekerja di pemerintah dalam bidang kebijakan, memulai bisnis sendiri, atau bekerja di sektor keuangan, teknologi, media, seni, dan industri kreatif. Keuntungan besar yang didapatkan dengan gelar master Inggris adalah lulusannya dapat melamar kerja ke seluruh negara di dunia karena ijazahnya diakui secara internasional.

Wah, banyak sekali ya keuntungan yang bisa didapatkan dengan menempuh pendidikan master di Inggris. Tidak diragukan lagi, dengan membaca artikel ini, kamu telah selangkah lebih maju menuju kesuksesan. Tunggu apa lagi? Persiapkan dirimu sebagai mahasiswa master di Inggris sekarang juga! Best of luck.


SHARE
Previous articlePengalaman Studi S1 di Ujung Negara Malaysia – Universiti Utara Malaysia
Next articleAndil Generasi Muda dalam Pesta Demokrasi di Luar Negeri
Annisa works remotely as a news contributor for an aquaculture magazine in Indonesia and also works in the Community Development Service in Scotland, UK. She's just graduated with a master's degree in Sustainable Aquaculture from the University of Stirling with a British Council Scholarship for Women in STEM. During her time studying in the UK, she actively encouraged women to pursue careers in STEM. Annisa dedicates her free time as a columnist for @indonesiamengglobal. She also loves to be involved in nature/outdoor and social activities.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here