Pendaftaran Sukarelawan Indonesia Mengglobal 2024/2025 Telah Dibuka!

0
4424
Kompilasi kegiatan Indonesia Mengglobal 2023

Hai teman-teman Indonesia yang berada di seluruh penjuru dunia!

Apakah kamu ingin berbagi pengalaman berkuliah, bekerja atau tinggal di luar negeri di platform yang memiliki banyak audiens?

Apakah kamu ingin berkarya dengan teman-teman yang sepemikiran dan termotivasi untuk membuat dampak bagi masyarakat, serta lingkungan yang inklusif?

Ataukah mungkin kamu ingin memperluas jaringan dengan teman-teman Indonesia dari seluruh penjuru dunia?

Jika jawabannya “ya!” maka kesempatan ini pas sekali untukmu!

Indonesia Mengglobal sedang mencari anggota tim baru untuk tahun kepengurusan 2024/2025 terhitung 1 Februari 2024 – 31 Januari 2025. Sebagai sukarelawan di Indonesia Mengglobal, kamu akan mendapat kesempatan untuk membangun keterampilan dalam berorganisasi, serta memperluas jaringan secara global. 

Semua posisi di tim kepengurusan Indonesia Mengglobal bersifat sukarela (tidak dibayar) dan biasanya dilakukan secara paruh waktu berdampingan dengan kegiatan utama masing-masing.

Indonesia Mengglobal adalah sebuah yayasan nirlaba yang didirikan pada tahun 2012 dengan visi menjadi wadah informasi gratis dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia yang ingin belajar dan berkarya di kancah global.

Memasuki tahun ke-12, kami telah menerbitkan ribuan artikel, mengadakan acara-acara bermanfaat seperti seminar dan PhD bootcamp persiapan studi S3, mengelola Program Mentorship tahunan yang membantu banyak teman-teman Indonesia mempersiapkan studi S2 di universitas-universitas terbaik dunia, serta program-program berdampak lainnya, seperti Mengglobal dari Timur dan Career Bootcamp, serta rangkaian acara dengan topik khusus untuk acara IM Anniversary.

Secara singkat, berikut adalah jumlah dan posisi-posisi yang kami cari untuk tahun 2024/2025:
(Informasi lebih lanjut masing-masing posisi ada di akhir)

  1. Editorial Division (7):  
    1. Content Director for Australia, New Zealand, and Pacific Islands (1 orang)
    2. Columnist for Australia, New Zealand, and Pacific Islands (1 orang)
    3. Content Director for Asia, Middle-East, and Africa (1 orang)
    4. Columnist for Asia, Middle-East, and Africa (1 orang)
    5. Content Director for UK and Europe (1 orang)
    6. Content Director for North and South America (1 orang)
    7. Columnist for North and South America (1 orang)
  2. Digital Content and Communications Division (8):
    1. Social Media Manager (2 orang)
    2. Content Writer (3 orang)
    3. Content Designer (2 orang)
    4. Video Content Creator (1 orang)
  3. Mentorship Division (3):
    1. Mentorship Coordinator (3 orang)
  4. Events Division (3):
    1. Director of Events (1 orang)
    2. Events Officer (2 orang)
  5. PR and Partnership Division (2):
    1. Director of Public Relations and Partnership (1 orang)
    2. Project Partnership Manager (1 orang)
  6. IT Division (2):
    1. Director of Information and Technology (1 orang)
    2. Website Content Manager (1 orang)
  7. Director of Data and Analytics (1 orang)
  8. Office of IM Vice President (3):
    1. Secretary (1 orang)
    2. Bookkeeper (1 orang)
    3. People and Engagement (1 orang)

Pendaftaran untuk posisi-posisi tersebut dibuka sampai tanggal 21 Januari 2024, pukul 23:59 WIB. Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini. Setelah masa pendaftaran selesai, tim Indonesia Mengglobal akan mengirimkan hasil pertimbangan dan menjadwalkan wawancara dengan kandidat-kandidat terpilih.

Apabila kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang posisi-posisi tersebut, atau tentang pengalaman menjadi sukarelawan, silakan menghubungi kami di hello@indonesiamengglobal.com, atau di akun Instagram kami @indonesiamengglobal. 

Kami tunggu pendaftaranmu!

***

Berikut adalah uraian lebih lanjut tentang posisi-posisi yang sedang kami cari:

Editorial Division

Content Director

Content Director memiliki peranan dalam melakukan supervisi seluruh siklus editorial di wilayah yang dipilih, yang mana kamu diharapkan untuk berkomitmen rata-rata 4 jam per minggu selama setahun masa kepengurusan. Content Director akan bertanggung jawab kepada Editor-in-Chief dan bekerja sama dengan Columnist. Peran Content Director dapat dilakukan secara remote, maka kamu bisa berdomisili dimana saja di dunia. 

Peran dan Tanggung Jawab

  • Melakukan supervisi seluruh proses editorial di wilayah terpilih, seperti merekrut 1-2 kontributor tamu setiap bulannya dan menjadi point-of-contact bagi calon kontributor tamu dari jaringan Indonesia Mengglobal;
  • Menyunting, menjadwalkan, dan menerbitkan 1 artikel dari kontributor tamu dan 1 artikel dari Columnist di wilayah terpilih;
  • Mengerjakan tugas editorial khusus yang diberikan oleh Editor-in-Chief.

Siapakah yang kami cari?

  • WNI, baik pelajar atau alumni lembaga pendidikan tinggi di luar negeri di wilayah yang dipilih;
  • Mampu menulis dengan baik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (pengalaman editorial atau blogging sebelumnya merupakan nilai tambah);
  • Memiliki kebiasaan tepat waktu dan berkomitmen terhadap deadlines;
  • Memiliki jaringan yang cukup luas dengan pelajar, lingkungan profesional, dan/atau alumni Indonesia di wilayah yang dipilih;
  • Memiliki kemampuan manajemen yang baik, keterampilan berkomunikasi yang baik, dan responsif terhadap komunikasi online dengan kontributor dan sesama anggota tim.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Columnist

Columnist diharapkan untuk berkomitmen rata-rata 5 jam per bulan selama setahun masa kepengurusan. Columnist akan melapor ke Content Director sesuai wilayah yang dipilih. Peran Columnist dapat dilakukan secara remote, maka kamu bisa berdomisili dimana saja di dunia.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Bekerjasama dengan Content Director wilayah yang ditunjuk dalam menerbitkan 1 artikel per bulan (dalam bahasa Inggris atau Indonesia), yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih baik tentang peluang belajar dan bekerja di luar negeri, atau kehidupan setelah kembali ke Indonesia setelah kembali dari luar negeri;
  • Mengerjakan tugas editorial khusus yang diberikan oleh Content Director.

Siapakah yang kami cari? 

  • WNI, baik pelajar atau alumni lembaga pendidikan tinggi di luar negeri di wilayah yang dipilih;
  • Mampu menulis dengan baik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (pengalaman editorial atau blogging sebelumnya merupakan nilai tambah);
  • Memiliki jaringan yang cukup luas dengan pelajar, lingkungan profesional, dan/atau alumni Indonesia di wilayah yang dipilih;
  • Memiliki kemampuan manajemen yang baik, keterampilan berkomunikasi yang baik.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Digital Content and Communications Division

Social Media Manager

Social Media Manager bekerja di bawah pimpinan Director of Digital Communications dan diharapkan untuk bisa berkomitmen rata-rata 4-5 jam per minggu untuk mengelola akun-akun media sosial Indonesia Mengglobal (Instagram, LinkedIn, Twitter dan Facebook). Karena pekerjaan ini dilakukan secara remote, maka kamu dapat berdomisili di mana saja di dunia.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Mengelola akun-akun media sosial Indonesia Mengglobal (IM) untuk meningkatkan dan memperluas dampak dari konten dan program Indonesia Mengglobal untuk audiens yang lebih luas;
  • Berkomunikasi aktif dengan audiens akun media sosial IM secara reguler, utamanya Instagram, untuk meningkatkan engagement;
  • Melakukan feed-recap per minggu dan mengunggah IG story rutin, misal Call for Contributor atau Collaborations;
  • Berkoordinasi dengan divisi-divisi lain dalam merencanakan dan menyediakan konten-konten di media sosial;
  • Menyediakan insights strategis dan relevan untuk meningkatkan kehadiran media sosial Indonesia Mengglobal.
  • Membuat dan mengawasi content calendar.

Siapakah yang kami cari? 

  • WNI, memiliki pengalaman mengelola media sosial dan selalu up-to-date dengan tren media sosial;
  • Memiliki keterampilan editorial dan storytelling;
  • Memiliki kemauan untuk belajar mengenai metrics media sosial untuk mengukur performa media sosial Indonesia Mengglobal;
  • Menunjukkan pengalaman sebagai social media strategist dan/atau di bidang digital marketing.
  • Memiliki sifat kolaboratif dan terbuka terhadap pengembangan diri.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Content Writer

Content Writer merupakan bagian dari tim Digital Content dan Communications dan akan bekerja di bawah Director of Digital Communications. Diharapkan dapat berkomitmen selama rata-rata 4-5 jam per minggu. Sebagai gambaran, tugas utama Content Writer adalah sebagai master-mind pembuatan konten digital yang akan dipublikasikan pada media sosial dan sebagai “penerjemah” artikel-artikel yang telah ditulis para Columnists tim Editorial menjadi konten menarik dengan tetap mempertahankan pesan esensial penulis, untuk ditampilkan di media sosial Indonesia Mengglobal.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Merancang strategi dan ide-ide konten media sosial yang menarik, relevan, valuable, dan engaging.
  • Membuat konten media sosial baik berupa single image, carousel, ataupun video dan menghasilkan konten tertulis (copywriting).
  • Menyusun konsep dan kerangka material tulisan dari artikel menjadi bahan feed media sosial, terutama Instagram;
  • Mempersiapkan rapat koordinasi setiap bulan antara tim Editorial dan Digital Content and Communications untuk finalisasi konten artikel yang akan dipublikasikan;
  • Melakukan content-recycle artikel-artikel yang tersedia dalam website Indonesia Mengglobal, minimal 1 kali sebulan untuk bisa dipublikasikan ke media sosial.
  • Berkolaborasi dengan tim Content Designer, Video Content Creator, dan Social Media Manager untuk menghasilkan digital konten yang menarik dan relevan dengan target audiens.

Siapakah yang kami cari?

  • Kreatif, memiliki ide-ide segar dalam menulis konten seputar studi dan kehidupan orang Indonesia di luar negeri, dan mengikuti tren media sosial.
  • Mampu menulis dengan baik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (pengalaman editorial atau blogging sebelumnya);
  • Mampu menunjukkan karya-karya portofolio hasil publikasi di media sosial, terutama Instagram.
  • Memiliki sifat kolaboratif dan terbuka terhadap pengembangan diri.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Content Designer

Graphic Designer bekerja di bawah pimpinan Content Design Lead dan Director of Digital Content and Communications dan diharapkan untuk bisa berkomitmen rata-rata 4-5 jam per minggu untuk mendesain konten visual (non-video) yang akan dipublikasikan di media sosial Indonesia Mengglobal. Karena pekerjaan ini dilakukan secara remote, maka kamu dapat berdomisili di mana saja di dunia.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Merancang dan membuat berbagai desain visual (non-video) untuk kebutuhan konten digital di media sosial.
  • Berkolaborasi dengan tim Content Writer dan Social Media Manager untuk merancang desain konten visual (non-video) yang menarik dan relevan dengan target audiens.

Siapakah yang kami cari?

  • Memiliki pengalaman dalam merancang dan membuat desain visual untuk konten digital media sosial.
  • Kreatif, memiliki passion terhadap desain, dan mengikuti tren media sosial terutama pada bagian desain visual.
  • Mahir menggunakan visual design tools.
  • Memiliki sifat kolaboratif dan terbuka terhadap pengembangan diri.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Video Content Creator

Video Content Creator bekerja di bawah pimpinan Director of Digital Communications dan diharapkan untuk bisa berkomitmen rata-rata 4-5 jam per minggu untuk merancang, membuat, dan mengedit konten video di media sosial Indonesia Mengglobal. Karena pekerjaan ini dilakukan secara remote, maka kamu dapat berdomisili di mana saja di dunia.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Merancang, membuat, dan mengedit video-based content untuk kebutuhan media sosial.
  • Berkolaborasi dengan tim Content Writer dan Social Media Manager untuk menelurkan ide dan merancang konten video yang menarik dan relevan dengan target audiens.

Siapakah yang kami cari?

  • Memiliki pengalaman dalam merancang, membuat, dan mengedit video untuk konten digital media sosial.
  • Kreatif, memiliki passion terhadap video creation and editing, dan mengikuti tren media sosial terutama video-based content.
  • Mahir menggunakan video creation and editing tools.
  • Memiliki sifat kolaboratif dan terbuka terhadap pengembangan diri.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Mentorship Division

Mentorship Coordinator

Mentorship Coordinator terlibat langsung dalam program-program Indonesia Mengglobal yang memfasilitasi teman-teman Indonesia untuk diterima berkuliah di universitas-universitas terbaik dunia. Bekerja bersama Director of Mentorship, maka diharapkan dapat berkomitmen rata-rata 4-5 jam per minggu selama setahun masa kepengurusan. Peran ini dapat dilakukan secara remote, maka kamu bisa berdomisili di mana saja.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Bekerja sama dengan Director of Mentorship untuk mengelola program Mentorship dan PhD Bootcamp Indonesia Mengglobal;
  • Mempersiapkan hal-hal teknis berkaitan dengan kegiatan promosi, seleksi penerimaan yang terdiri dari aptitude test dan interview, penyesuaian isi kurikulum, berkomunikasi dengan Mentor/ Coach – Mentee/ Participant (fasilitator), serta pemantauan program seperti pengumpulan tugas Mentee dan komunikasi berkala dengan Mentor.

Siapakah yang kami cari? 

  • WNI, mahasiswa/lulusan S1/S2 dari universitas di Indonesia atau luar negeri (pengalaman mengikuti program Mentorship Indonesia Mengglobal menjadi nilai tambah);
  • Berkomitmen untuk mengalokasikan waktu dan tenaga untuk menyukseskan program-program Indonesia Mengglobal; 
  • Memiliki kemampuan manajemen yang baik, teliti dan mampu bekerja di lingkungan yang dinamis;
  • Terampil dalam surat menyurat melalui email Mentorship;
  • Terampil dalam mengolah data melalui Excel, seperti penggunaan berbagai formula, pivot, macros, dan serta Google Workspace sangat diutamakan;
  • Fasih berbahasa Inggris.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Events Division

Director of Events

Director of Events bertanggung jawab terhadap acara tahunan Indonesia Mengglobal seperti IM Anniversary serta events lain yang relevan dengan visi-misi IM, seperti Mengglobal dari Timur dan Career Bootcamp. Keunikan dari events IM yaitu dapat dilakukan secara tatap muka ataupun daring, tergantung dari kreatifitas Direktur dan tim Events dalam memetakan audiens dan mengusung topik IM. Diharapkan dapat berkomitmen rata-rata 4-5 jam per minggu. Keberadaan kamu di Jakarta akan menjadi poin lebih karena koordinasi acara tatap muka akan relatif lebih mudah.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Menghadiri Leadership meeting per bulan Indonesia Mengglobal untuk membicarakan perkembangan, progress, dan kendala events;
  • Mengarahkan, menyusun konsep dan berkoordinasi bersama dengan tim Events terkait acara yang akan berlangsung, seperti penyusunan topik event tahunan IM Anniversary;
  • Membantu Project Manager USAID pada waktu tertentu yang telah disepakati, terkait pelaksanaan seminar ataupun webinar proyek kolaborasi IM dan USAID.

Siapakah yang kami cari?

  • Memiliki kemampuan komunikasi internal (tim manajemen IM) dan eksternal, terutama dengan pihak-pihak yang berhubungan erat dengan pelaksanaan event;
  • Mampu menunjukkan kemampuan Leadership dalam proyek yang telah dilakukan;
  • Mampu menunjukkan pengalaman menyelenggarakan events baik secara daring maupun tatap muka;
  • Kreatif, komunikatif, dan inisiatif;
  • Mempunyai keinginan kuat untuk mengeksplorasi ide-ide, mendelegasikan tugas dan mengeksekusinya.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Events Officer

Events Officer bekerja di bawah pimpinan Director of Events dan Events Manager. Events Officer diharapkan untuk bisa berkomitmen rata-rata 3-4 jam per minggu. Rangkaian persiapan acara di IM sebagian besar berlangsung secara virtual dan remote. Jadi, di mana pun kamu dan apapun kesibukan kamu, bisa banget jadi bagian dalam keseruan acara-acara yang diadakan oleh IM! Keberadaan kamu di Jakarta akan menjadi poin lebih karena koordinasi acara tatap muka akan relatif lebih mudah.

 Peran dan Tanggung Jawab

  • Membantu dan berperan langsung dalam proses perencanaan hingga pelaksanaan acara-acara IM baik secara tatap muka maupun virtual, termasuk IM Anniversary;
  • Berkoordinasi dengan Director of Events, Events Manager, dan divisi lain yang ada di dalam management team Indonesia Mengglobal;
  • Mendukung Events Manager dalam memastikan kelancaran pelaksanaan acara IM (baik secara tatap muka maupun virtual), termasuk komunikasi dengan calon pihak ketiga dan mitra dan donor yang ada termasuk pemerintah, bisnis, profesional dan organisasi nirlaba lainnya, serta bertanggung jawab atas kegiatan yang berkaitan dengan Yayasan Indonesia Mengglobal.

Siapakah yang kami cari? 

  • Memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan acara secara tatap muka maupun virtual;
  • Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik;
  • Menunjukkan keterampilan perencanaan dan pelaksanaan acara;
  • Kreatif, komunikatif, dan inisiatif;
  • Berkeinginan kuat untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan organisasi;
  • Mempunyai keinginan kuat untuk mengeksplorasi ide-ide dan mengeksekusinya.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Public Relations and Partnership Division

Director of Public Relations and Partnership

Director of Public Relations and Partnership diharapkan dapat berkomitmen rata-rata 4-5 jam per minggu untuk mengembangkan program-program IM ke audiens yang lebih luas serta memperluas jaringan kerjasama IM dengan pihak eksternal. 

Peran dan Tanggung Jawab

  • Menghadiri Leadership meeting per bulan Indonesia Mengglobal untuk membicarakan potensi-potensi pengembangan program-program IM serta peluang kolaborasi dengan pihak eksternal;
  • Menyusun dan mengimplementasikan strategi untuk menjaring mitra-mitra baru serta mempertahankan hubungan baik dan mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra yang sudah ada;
  • Menyusun dan mengimplementasikan strategi untuk memperkenalkan, memperluas jangkauan, serta meningkatkan efektivitas program-program IM.

Siapakah yang kami cari?

  • Menunjukkan kapasitas untuk membangun kemitraan dan bekerja dengan mitra eksternal;
  • Memiliki pengalaman dalam hal non-profit project management, partnership dan grant application (pelamar dengan pengalaman 1-3 tahun diprioritaskan);
  • Kreatif, proaktif dan memiliki ide-ide menarik:
  • Bersedia untuk fleksibel dan mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat dan profesional.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Project Partnership Manager

Project Partnership Manager bekerja di bawah pimpinan Director of Public Relations and Partnership dan diharapkan dapat berkomitmen rata-rata 3-4 jam per minggu.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Mengurus administrasi seperti memperbarui leaflet, proposal dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan Indonesia Mengglobal untuk menjaring relasi dengan mitra, sponsor dan organisasi eksternal;
  • Membantu Project Manager IM dalam menjaga relasi dan memenuhi kesepakatan kerja sama dengan USAID;
  • Bekerja sama dengan Public Relations Manager dalam pengembangan jejaring IM serta mengidentifikasi program kerja sama yang dapat ditawarkan sesuai visi-misi IM.

Siapakah yang kami cari?

  • Menunjukkan kapasitas untuk membangun kemitraan dan bekerja dengan mitra eksternal;
  • Memiliki pengalaman dalam hal non-profit project management, partnership dan grant application (pelamar dengan pengalaman minimal 6 bulan sampai 1 tahun diprioritaskan);
  • Kreatif, proaktif dan mengeksekusi ide-ide dengan time management yang baik;
  • Bersedia untuk fleksibel dan mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat dan profesional.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Information and Technology Division

Director of IT

Director of IT diharapkan dapat berkomitmen rata-rata 2-4 jam per minggu untuk urusan maintenance dan development platform digital Indonesia Mengglobal, terutama website dan Google Workspace. Director of IT akan bekerja sama dengan Website Content Manager.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Menghadiri Leadership meeting per bulan Indonesia Mengglobal untuk membicarakan perkembangan, progress, dan kendala program-program kerja terkait IT;
  • Mengelola proyek website baru Indonesia Mengglobal;
  • Troubleshooting permasalahan terkait IT;
  • Berperan sebagai admin dari indonesiamengglobal.com dan Google Workspace Indonesia Mengglobal.

Siapakah yang kami cari? 

  • Familiar dengan sistem WordPress dan Google Workspace. 
  • Familiar dengan AWS atau on-demand cloud computing atau web hosting lainnya;
  • Kreatif, proaktif, dan memiliki ide-ide menarik terutama untuk pengembangan website Indonesia Mengglobal;
  • Lebih disukai apabila memiliki pengalaman project management;
  • Bersedia untuk fleksibel dan mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat dan profesional.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Website Content Manager

Website Content Manager diharapkan dapat berkomitmen rata-rata 2-4 jam per minggu untuk urusan pengisian konten website baru Indonesia Mengglobal. Website Content Manager akan bekerja sama dengan Director of IT terkait proses migrasi website.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Bekerjasama dengan divisi editorial dan divisi terkait lainnya dalam hal mengelola konten website Indonesia Mengglobal;
  • Menyediakan insights strategis dan relevan untuk meningkatkan performa konten dan program Indonesia Mengglobal pada website;

Siapakah yang kami cari?

  • Familiar dengan sistem WordPress (diutamakan) atau content management system lainnya.
  • Mampu menunjukkan pengalaman melalui karya yang dihasilkan sebagai Content Creator Website;
  • Kreatif serta memiliki pengalaman berkontribusi dalam urusan konten website dan/atau copywriting;
  • Bersedia untuk fleksibel dan mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat dan profesional.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Data and Analytics Division

Director of Data & Analytics 

Director of Analytics diharapkan untuk bisa berkomitmen rata-rata 2-4 jam per minggu. Posisi ini memiliki peran penting dalam menarik dan menganalisa data terkait platform digital Indonesia Mengglobal menggunakan Google Analytics atau web analytics tool lainnya. Director of Analytics akan bekerja sama dengan Analytics Manager.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Menghadiri Leadership meeting per bulan Indonesia Mengglobal untuk membicarakan rencana bulanan tim analytics serta laporan hasil analisis data;
  • Membuat laporan dari hasil data traffic website Indonesia Mengglobal dengan tujuan perkembangan website;
  • Jika dibutuhkan, Direktur dapat mengajukan tools tambahan lainnya untuk mengoptimalkan analisis data digital dari berbagai divisi Indonesia Mengglobal, seperti Mentorship dan Editorial;
  • Memaksimalkan penggunaan Google Analytics di website atau digital platform Indonesia Mengglobal lainnya.

Siapakah yang kami cari? 

  • Mampu menggunakan Google Analytics (atau web analytic tools lainnya) dan berpengalaman dalam membuat laporan performa platform digital berdasarkan data;
  • Menyediakan insights strategis dan relevan untuk meningkatkan performa konten dan program Indonesia Mengglobal, seperti topik yang paling sering dicari pada artikel website atau analisis program Mentorship dan PhD bootcamp;
  • Berinisiatif tinggi dan memiliki kemauan untuk mengeksplor potensi tools tambahan selain Google Analytics yang dirasa relevan dengan kebutuhan organisasi;
  • Bersedia untuk fleksibel dan mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat dan profesional.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Office of Vice President

Office of IM Vice President terdiri dari tiga (3) staff, Sekretaris, Bendahara, dan People and Engagement yang akan bekerjasama dengan Wakil Presiden Indonesia Mengglobal dan memainkan peran penting untuk mendukung organisasi dalam segi administratif dan keuangan.

Secretary

Sekretaris memiliki kesempatan untuk melihat alur kerja organisasi secara holistik (big picture) dan diharapkan untuk bisa berkomitmen rata-rata 4 jam per minggu selama setahun masa kepengurusan. Domisili Jakarta diutamakan. Peran ini dapat dilakukan secara remote, namun untuk urusan administratif seperti permintaan tanda tangan serta pengiriman dokumen hardcopy akan membutuhkan waktu relatif lebih singkat jika dilakukan dari Jakarta.

 Peran dan Tanggung Jawab

  • Menyiapkan dan menyusun konsep E-Newsletter (1 kali per bulan);
  • Menyusun kalender utama Indonesia Mengglobal dari semua divisi agar semua kegiatan terintegrasi;
  • Menyusun Minutes of Meeting (MoM) dalam setiap meeting, baik dalam Leadership Meeting atau Division Meeting;
  • Memastikan administrasi terdokumentasi dengan baik dan terorganisir;
  • Mengecek dan memastikan email yang masuk dari semua divisi ditindaklanjuti oleh Direktur;
  • Terampil dalam surat-menyurat terutama penggunaan email;
  • Berkomunikasi aktif dalam grup kepengurusan untuk update berbagai kegiatan Indonesia Mengglobal, misal: terbitan artikel tim Editorial, registrasi Program Mentorship, atau IM Anniversary tim Events;
  • Berkoordinasi dengan divisi lain dan berkontribusi dalam agenda divisi lain sesuai kebutuhan organisasi.

Siapakah yang kami cari? 

  • Kami membuka kesempatan untuk mahasiswa D3, D4 dan S1 yang sedang berkuliah di Indonesia untuk melamar ke posisi ini;
  • Terbiasa menggunakan fitur-fitur Google-suite, terutama hal-hal teknis terkait fitur pada Google-suite seperti G-calendar, email, G-drive;
  • Proaktif, mandiri, well-organised, dan detail-oriented, serta mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat;
  • Memiliki keterampilan interpersonal dan relationship management yang kuat;
  • Bisa menunjukkan pengalaman berorganisasi di lingkungan kampus, misalnya sebagai Project Leader, Sekretaris, atau Bendahara.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

Bookkeeper

Bendahara akan bekerja sama dengan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Mengglobal dan memainkan peran penting untuk mendukung organisasi dalam segi administrasi keuangan (perpajakan). Bendahara diharapkan untuk bisa berkomitmen rata-rata 2-3 jam per minggu selama setahun masa kepengurusan. Peran ini dapat dilakukan secara remote, sehingga kamu dapat berdomisili di mana saja.

 Peran dan Tanggung Jawab

  • Menyusun laporan penerimaan, pengeluaran dan pembayaran keuangan organisasi;
  • Berkoordinasi dengan divisi lain terkait penyusunan rencana keuangan serta prosedur pencairan atau penggantian dana pada agenda rutin divisi;
  • Berkontribusi dalam agenda divisi lain sesuai kebutuhan organisasi.

Siapakah yang kami cari? 

  • Kesempatan ini terbuka untuk mahasiswa D3, D4 dan S1 yang sedang berkuliah di Indonesia untuk melamar ke posisi ini maupun untuk profesional muda;
  • Memiliki kemampuan manajemen yang baik, inisiatif tinggi, teliti dan mampu bekerja di lingkungan yang dinamis;
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam keuangan dan pembukuan;
  • Memiliki pengetahuan tentang perpajakan, khususnya perpajakan yayasan non-profit;
  • Bisa menunjukkan pengalaman berorganisasi di dalam atau luar lingkungan kampus, terutama sebagai Bendahara.

Pendaftaran bisa dilakukan di formulir ini.

People and Engagement

Anggota yang tergabung dalam People and Engagement akan bekerja sama dengan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Mengglobal untuk menjaga motivasi dan produktivitas para anggota, serta atmosfer positif dan suportif dalam organisasi. People and Engagement juga bertanggung jawab mendukung human resource development and wellbeing semua anggota organisasi.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Menyiapkan dan menyusun konsep agenda rutin Indonesia Mengglobal:
    • Town Hall (Februari/Maret dan Agustus/September)
    • Coffee Convo (1 s.d. 3 kali per tahun)
  • Menyusun konsep dan feedback mechanism anggota organisasi seperti satisfaction survey, IM member check-in (1 s.d. 2 kali per bulan) untuk menjaga keseimbangan kegiatan tim IM;
  • Menyusun konsep appreciation dan reward bagi para anggota IM
  • Berkoordinasi dengan Direktur per divisi dan mengidentifikasi kebutuhan training untuk meningkatkan kemampuan anggota tim baik per divisi maupun organisasi secara umum;
  • Berkoordinasi dengan dengan jejaring alumni dan ahli/profesional yang potensial untuk memberikan training atau sharing session untuk keperluan internal IM
  • Bekerja sama dengan tim Data and Analytics untuk mendapatkan acuan pengembangan anggota organisasi.

Siapakah yang kami cari?

  • WNI; memiliki latar belakang pendidikan Psikologi akan diutamakan;
  • Mampu menunjukkan pengalaman yang berkaitan dengan internal team member engagement utamanya untuk organisasi non-profit;
  • Memberikan rekomendasi terkait hal-hal yang perlu ditingkatkan agar keberjalanan program organisasi dan sumber daya manusia tetap seimbang dan suportif.
  • Memiliki kepekaan dan kemampuan interpersonal yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here